Manajemen dakwah dalam upaya peningkatan kualitas akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Demak

Falah, Miftahul (2020) Manajemen dakwah dalam upaya peningkatan kualitas akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036046_MIFTAKHUL_FALAH] Text (SKRIPSI_1601036046_MIFTAKHUL_FALAH)
1601036046_Miftakhul Falah_Full Skripsi - miftakhul falah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Miftakhul Falah (1601036046) dengan judul: Manajemen Dakwah Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Al-Ishlah. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas santri dalam upaya meningkatkan kualitas akhlak di Pondok Pesantren Al-Ishlah Demak. (2) Bagaimana manajemen dakwah dalam meningkatkan kualitas akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Demak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara kepada pengasuh dan pengurus pondok dan sumber data sekunder diperoleh dari data pendukung terkait dengan dokumen-dokumen pondok, dan foto-foto yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengambilan data yang dilakukan peneliti melalui hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen dakwah dalam upaya peningkatan kualitas akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Demak didalamnya terdapat fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan: Perencanaan dilakukan dengan membuat kegiatan santri dalam jangka waktu harian hingga setahun, kemudian diorganisir dengan membuat job description terhadap program santri dengan melibatkan semua unsur pondok, dari pengorganisasian tersebut diaktualisasikan dalam bentuk kegiatan dengan satu pengarahan yang jelas dari pimpinan yang dilaksanakan semua anggota, bentuk aktualisasi diwujudkan dalam sistem pendidikan dan pengajaran, sistem kemandirian, dan sistem takzir, kemudian melakukan pengawasan langsung yaitu jika proses peribadatan terjadi kesalahan maka langsung diberikan arahan kepada santri baik secara langsung maupun sindiran. Manajemen dakwah yang dilakukan dapat meningkatkan perilaku santri yang baik yang meliputi perilaku, tingkah laku, dan pola pikir santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Akhlak santri; Pondok Pesantren Al-Ishlah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:45
Last Modified: 07 Apr 2022 04:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15422

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics