Peran Masjid Nurul Huda dalam mengedukasi masyarakat terhadap bahaya Covid-19 Desa Kalirejo Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal: Perspektif Manajemen dakwah

Fauziyah, Dewi Ema (2021) Peran Masjid Nurul Huda dalam mengedukasi masyarakat terhadap bahaya Covid-19 Desa Kalirejo Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal: Perspektif Manajemen dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036050_DEWI_EMA_FAUZIYAH] Text (SKRIPSI_1601036050_DEWI_EMA_FAUZIYAH)
1601036050_Dewi Ema Fauziyah_Lengkap Tugas Akhir - Dewi Ema.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dewi Ema Fauziyah (1601036050) dengan skripsi berjudul: “Peran Masjid Nurul Huda dalam Mengedukasi Covid-19 pada Masyarakat di Desa Kalirejo Kec. Kangkung Kab. Kendal Perspektif Manajemen dakwah”. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kesadaran masyarakat Desa Kalirejo Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal tentang bahaya Covid-19, Untuk mengetahui peran takmir Masjid Nurul Huda dalam mengedukasi masyarakat Desa Kalirejo Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal tentang bahaya Covid-19 perspektif manajemen dakwah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder, di mana data primer dalam penelitian ini diperoleh dari pengelola masjid Nurul Huda, sedangkan data sekunder diperoleh dari pengunjung, jurnal, buku-buku, internet, dokumentasi yang ada kaitannya dengan peran masjid Nurul Huda dalam mengedukasi Covid-19.
Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa peran masjid Nurul Huda dalam mengedukasi Covid-19 pada masyarakat Desa kalirejo Kec.Kangkung berjalan dengan baik.
Kesadaran masyarakat Desa Kalirejo Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal tentang bahaya Covid-19 antara lain dengan cara Jogo Tonggo yang merupakan program dari pemerintah Jawa Tengah. Kemudian dibentuk Satuan Tugas (Satgas) yang ada disetiap dukuh, dengan jumlah 50 orang meliputi Pemerintahan Desa, RT/RW, PKK, Pemuda Karang Taruna dan melibatkan unsur masyarakat.
Jadi masjid tidak hanya sekedar tempat ibadah saja, tetapi diharapkan mampu untuk menyelesaikan masalah sosial di masyarakat seperti kemiskinan, kebodohan, dan juga masalah hidup sehari hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran masjid; Bahaya covid 19; Manajemen dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:48
Last Modified: 07 Apr 2022 04:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15423

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics