Pendidikan agama anak pemandu karaoke di wisata pantai Pungkruk Kota Jepara

Sa’adah, Nailis (2021) Pendidikan agama anak pemandu karaoke di wisata pantai Pungkruk Kota Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016209_NAILIS_SAADAH] Text (SKRIPSI_1603016209_NAILIS_SAADAH)
SKRIPSI_1603016209_NAILIS_SAADAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Pendidikan Agama Anak Pemandu Karaoke di Wisata Pantai Pungkruk Kota Jepara. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan labelisasi tidak baik terhadap keluarga pemandu karaoke, Pendidikan Agama merupakan satu kebutuhan bagi setiap manusia, tidak terkecuali bagi anak seorang anak pemandu karaoke yang mungkin bagi sebagian orang menjadi hal yang tabu. Pendidikan Agama anak sebagai bagian dari lingkungan keluarga pemandu karaoke tentunya tidak mudah, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana pendidikan agama anak pada lingkungan pemandu karaoke. Serta Faktor Pendukung dan Penghambat dalam mengajarkan nilai-nilai agama pada anak pemandu karaoke di wisata pantai pungkruk kota Jepara.
Data-data penelitian ini dihimpun dari keluarga pemandu karaoke di wisata pantai pungkruk kota Jepara sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode Observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif melalui penelitian lapangan (field research).
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan agama anak di lingkungan pemandu karaoke dilakukan dengan metode Keteladanan, Kebiasaan, Nasihat. Dan Materi yang diberikan adalah Akhlaq, Ibadah, dan Kepribadian sosial anak. 2) Faktor Pendukung pendidikan agama di lingkungan keluarga anak pemandu karaoke yaitu a) Adanya Orang tua asuh yang secara intens memberikan pendidikan agama kepada anak b) Pemilihan Lingkungan yang baik c)Komunikasi yang baik. Sementara itu faktor penghambat pendidikan agama pada anak pemandu karaoke adalah a) Kurangnya waktu anatara orang tua dengan anak, menyebabkan kurang intensnya orang tua memberikan pendidikan agama kepada anak. Dan harus orang lain yang memberikan pendidikan agama epada anak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama; Anak; Pemandu karaoke
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 19 Feb 2022 06:35
Last Modified: 19 Feb 2022 06:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15425

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics