Studi manajemen kebersihan di Masjid Agung Semarang

Arifah, Nia (2021) Studi manajemen kebersihan di Masjid Agung Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036059_NIA_ARIFAH] Text (SKRIPSI_1601036059_NIA_ARIFAH)
NIA ARIFAH_1601036059_FULL SKRIPSI - nia arifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nia Arifah 1601036059, judul : Studi Manajemen Kebersihan di Masjid Agung Semarang. Penulis mengambil judul skripsi yaitu Studi Manajemen Kebersihan di Masjid Agung Semarang. Masjid Agung Semarang terletak di Jalan Alun-Alun Barat No. 11, Bangunharjo, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Masjid ini menjadi salah satunya masjid yang mengumumkan kemerdekaan bangsa Indonesia secara terang-terangan setelah beberapa saat setelah di proklamirkan. Masjid Agung Semarang adalah masjid tertua di kota Semarang. Masjid Agung Semarang memiliki peranan penting dalam penyebaran agama Islam di kota Semarang, bahkan masjid ini juga dianggap sebagai simbol perbauran masyarakat. Kebersihan lingkungan merupakan salah satu faktor utama dan paling penting demi berlangsungnya hidup, begitu juga kebersihan di lingkungan masjid menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam proses ibadah dan berdakwah di masjid. Kebersihan di masjid pun merupakan salah satu hal yang sangat penting karena Allah pun menyuruh kita agar selalu dalam keadaan yang suci apalagi ketika kita hendak akan melakukan ibadah. Masjid Agung Semarang ini dalam memakmurkan masjid para takmir juga mengedepankan kebersihan agar jama’ah yang ada di masjid beribadah dengan nyaman dan khusyuk.
Tujuan penulis memilih skripsi berjudul Studi Manajemen Kebersihan di Masjid Agung Semarang adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program kebersihan di Masjid Agung Semarang, serta untuk mengetahui evaluasi terkait dengan program pelaksanaan kebersihan di Masjid Agung Semarang secara keseluruhan.
Penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Data penelitian bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan pengurus Masjid Agung Semarang. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi kegiatan masjid yang berkaitan dengan manajemen kebersihan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa kebersihan sebuah masjid itulah yang menjadi salah point penting di masjid itu sendiri, karena kebersihan merupakan bagian penting dalam Islam. Kebersihan, kesehatan, dan kesucian merupakan bagian dari kesempurnaan yang diberikan Allah kepada hamba-Nya.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 222
اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ
"...Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri."
Kebersihan itu bersumber dari iman dan merupakan bagian dari iman. Dengan demikian kebersihan dalam islam mempunyai aspek ibadah dan aspek moral, dan karena itu sering juga dipakai kata “bersuci” sebagai ungkapan kata “membersihkan/melakukan kebersihan”. Ajaran kebersihan tidak hanya merupakan slogan atau teori belaka, tetapi harus dijadikan pola hidup praktis, yang mendidik manusia hidup bersih sepanjang masa, bahkan dikembangkan dalam hukum islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen kebersihan; Masjid Agung Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 09 Apr 2022 02:02
Last Modified: 09 Apr 2022 02:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15426

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics