Tahapan strategi dakwah Komunitas Manjadda Wajada Semarang dalam meningkatkan pemahaman agama anggotanya

Restiawati, Risa (2020) Tahapan strategi dakwah Komunitas Manjadda Wajada Semarang dalam meningkatkan pemahaman agama anggotanya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036061_RISA_RESTIAWATI] Text (SKRIPSI_1601036061_RISA_RESTIAWATI)
1601036061_RISA_FULL SKRIPSI - risa restia(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Risa Restiawati ( 1601036061 )dengan judul “ Tahapan Strategi Komunitas Manjadda Wajada Semarang dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Anggotanya”. Dakwah merupakan suatu proses penyampaian/penyeruan informasi Ilahiah kepada para hamba manusia yang merupakan bagian integral dari hidup dan kehidupan setiap individu Muslim. Dakwah berhukum wajib yang dilaksanakan oleh setiap insan yang telah mengikrarkan dirinya untuk tunduk dan patuh pada Islam, sebagai ajaran Allah yang benar. Dakwah atau berdakwah memiliki cakupan yang amat luas dalam konteks ‘Amar ma’ruf nahi munkar’. Tentu saja menyangkut perbagai hal urusan diseputar manusia dan kemanusiaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini (1) bagaimana strategi komunitas Manjadda Wajada Semarang dalam meningkatkan pemahaman agama anggotanya?
Tujuan penelitian dalam skirpsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana tahapan strategi dakwah komunitas Manjadda Wajada Semarang dalam meningkatkan pemahaman agama anggotanya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kualitiatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk metode analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis deskriptif dengan menerapkan tiga kegiatan untuk menganalisis menurut Miles Huberman yaitu reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi sumber meliputi data informan, buku, dan dokumentasi foto komunitas Manjadda Wajada Semarang.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tahapan strategi dakwah komunitas Manjadda Wajada Semarang dalam meningkatkan pemahaman agama anggotanya mempunyai tiga tahap yakni: Pertama perumusan strategi dakwah dengan menentukan visi dan misi agar dapat tercapai tujuan yang ingin dicapai oleh komunitas Manjadda Wajada Semarang. Kedua implementasi dakwah dengan melakukan kegiatan-kegiatan rutin setiap pekan, kegiatan setiap bulan, maupun kegiatan setiap tahun. Memposting kegiatan di Instagram, menjual merchendaise komunitas Manjadda Wajada Semarang, santunan anak yatim dan duafa, khitan ceria, kajian, ta’aruf, olahraga khusus Ikhwan, pemuda peduli mushola, MJWJ goest to school, MJWJ TPQ. Ketiga evaluasi strategi dakwah dengan mengevaluasi kegiatan yang dilakanakan telah selesai agar para anggota tidak lupa dengan kekurangan yang telah dievaluasi tersebut. Dan juga evaluasi yang dilakukan dengan melihat faktor internal dan eksternal baik faktor pengahambat maupun faktor pendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Komunitas Manjadda Wajada; Pemahaman agama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 09 Apr 2022 02:07
Last Modified: 09 Apr 2022 02:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15427

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics