Strategi dakwah komunitas Saint Hijrah di Kabupaten Sragen

Widyastuti, Ayuk Desti (2021) Strategi dakwah komunitas Saint Hijrah di Kabupaten Sragen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026015_Ayuk Desti W_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601026015_Ayuk Desti W_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Islam sebagai agama dakwah mewajibkan setiap pemeluknya muntuk berdakwah sesuai dengan kemampuannya. Dakwah dapat dilakukan oleh siapa saja baik perorangan maupun komunitas, salah satunya Saint Hijrah. Komunitas ini mengajak anggotanya untuk belajar agama Islam lebih dalam lagi.
Skrpsi ini membahas tentang Strategi Dakwah Komunitas Saint Hijrah yang berada di Kabupaten Sragen. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penentuan sumber data ditentukan secara puposive sampling dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep strategi yang dikemukakan oleh Fred R. David dalam manajemen Strategis Konsep. Terdapat tiga tahapan dalam proses strategi. Tiga tahapan tersebut adalah perumusan strategi, implementasi strategi, dan tahapan evaluasi strategi.
Strategi dakwah yang dilakukan oleh komunitas Saint Hijrah di Kabupaten Sragen secara garis besar dilakukan melalui media online dan offfline. Tahap pertama, yakni perumusan difokuskan pada visi dan misi dari komunitas tersebut. Tahap kedua, implementasi terdapat kegiatan-kegiatan rutin. Tahap terakhir, evaluasi strategi yaitu mengevaluasi seluruh kegiatan yang dilaksanakan dengan melihat faktor penghambat dan faktor pendukung yang terdapat pada internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunitas Dakwah; Pengajian; Metode Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.6 Religious group
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 19 Feb 2022 06:37
Last Modified: 19 Feb 2022 06:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15428

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics