Implementasi dakwah pada komunitas hijrah penggemar Korean Pop: studi kasus Komunitas Yuk Ngaji di Semarang

Handayani, Diny Dwi (2020) Implementasi dakwah pada komunitas hijrah penggemar Korean Pop: studi kasus Komunitas Yuk Ngaji di Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036070_DINY_DWI_HANDAYANI] Text (SKRIPSI_1601036070_DINY_DWI_HANDAYANI)
1601036070_DINY DWI HANDAYANI_DRH - Diny Ohdiny(3).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Diny Dwi Handayani (1601036070) dengan judul “Implementasi Dakwah Pada Komunitas Hijrah Penggemar Korean Pop (Studi Kasus Komunitas Yuk Ngaji di Semarang)”.Dakwah merupakan satu hal yang sangat penting dalam kehidupan umat Islam, tanpa adanya dakwah kita tidak bisa mengenal dan mempelajari lebih dalam tentang Islam.Indonesia memiliki banyak sekali komunitas – komunitas penggerak dakwah yang bertujuan untuk mengajak semua umat muslim dalam kebaikan. Salah satu komunitas penggerak dakwah yaitu komunitas Yuk Ngaji Semarang, melalui program-program dakwah yang diadakan oleh komunitas Yuk Ngaji Semarang ini diharapkan dapat memberi pesan tersendiri kepada para remaja yang terpengaruh budaya luar dan menyimpang dari syariat Islam.Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menyampaikan dakwah di komunitas Yuk Ngaji Semarang? (2) bagaimana implementasi dakwah pada komunitas Yuk Ngaji Semarang ?.
Tujuan Penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui apa saja fakto-faktor yang menjadi pendukung serta penghambat dalam menyampaikan dakwah di komunitas Yuk Ngaji Semarang serta untuk mengetahui bagaimana implementasi dakwah pada komunitas Yuk Ngaji di Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu, obeservasi, wawancara/interview yang dilakukan secara daring melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, Zoom, dan WhatsApp, serta dokumentasi yang didapat dari akun resmi komunitas Yuk Ngaji Semarang. Adapun metode analisis yang digunakan oleh peneliti adalah analisis kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan atau melukiskan secara sistematis .
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas Yuk Ngaji Semarang mengimplementasikan dakwahnya kepada para remaja dengan menggunakan metode-metode dakwah yang sesuai disebutkan dalam Al-Qur`an surah AN-Nahl ayat 125, serta berpedoman pada Al-Qur`an, sunnah, dan hadits, yaitu: Dakwah mau’idzah hasanah, Metode dakwah bil-hikmah,metode Al-Mujadalah (al-Hiwar),dan metode dakwah bil qalam. Faktor pendukung proses dakwah pada komunitas Yuk Ngaji Semarang adalah para da`i atau muballigh yang selalu semangat dan antusias untuk membagikan ilmu serta pengalamannya kepada para remaja atau generasi millenial yang ingin hijrah dari sesuatu yang menjauhkan diri kepada Allah dan berupaya untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah. Faktor penghambat dakwah pada komunitas Yuk Ngaji Semarang adalah antusias remaja yang masih kurang dan mudah terbawa arus pergaulan sehingga sangat sulit untuk mengikuti kajian-kajian Islam seperti yang diadakan oleh komunitas Yuk Ngaji Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi dakwah; Komunitas Yuk Ngaji; Korean Pop
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 09 Apr 2022 02:11
Last Modified: 09 Apr 2022 02:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15429

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics