Format acara dakwah pada Spoon Radio: studi komparatif akun @in.tp_ dengan @dakwahsantuy15

Hidayah, Novia Nur (2020) Format acara dakwah pada Spoon Radio: studi komparatif akun @in.tp_ dengan @dakwahsantuy15. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026016_Novia Nur Hidayah_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601026016_Novia Nur Hidayah_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan media sangatlah pesat, banyak media elektronik saling berpacu untuk menunjukkan performa terbaik mereka tak terkeculai media radio guna menarik investor dan pendengar. Salah satu acar radio yang memiliki cukup banyak pendegar diantaranya yaitu acara dakwah, namun banyak radio yang justru mengabaikan acara tersebut karena beberapa faktor salah satunya yaitu biaya. Baru-baru ini muncul aplikasi sosial media dengan basis radio yaitu Spoon Radio, pada Spoon Radio banyak sekali penyiar-penyiar berbakat dengan acara-acara mereka yang cukup menarik namun sederhana, beberapa diantaranya yaitu acara dakwah.
Penelitian kali ini penulis akan menjabarkan terkait format siaran acara dakwah pada dua akun Spoon Radio yang mengusung tema dakwah dalam siarannya, yaitu akun @in.tp¬_ dan @dakwahsantuy15. Penulis menggunakan Studi Komparatif yaitu membandingkan diantara kedua akun tersebut untuk memperoleh gambaran siaran seperti apa yang pas dengan sebuah radio, namun tentu saja setiap radio memiliki kriterianya masing-masing. Untuk penjabaran data penulis menggunakan metode deskriptif dimana data yang di dapoat akan dijabarkan.
Berdasarkan data yang di dapatkan format acara yang digunakan pada akun @in.tp_ yaitu pada acara Khazanah Islam menggunakan format ulasan, dimana Ismanita selaku penyiar menyampaikan materi secara terperinci sendiri, sedangkan pada akun @dakwahsantuy15 pada acara Malam Minggu Faedah Dikit menggunakan format dialog, dimana Azri selaku penyiar dalam menyampaikan materi seperti bercakap-cakap dan berbincang dengan teman.
Untuk perbedaan dari kedua akun tersebut dapat terlihat jelas dari susunan acara dan bentuk format umum yang mereka gunakan. Sedagkan untuk persamaan meliputi materi yang digunakan dan juga bahasa yang digunakan, untuk batasan acara keduanya juga memiliki kesamaan yaitu pembahasan seputar Islam dan agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Dakwah; Strategi Dakwah; Media Komunikasi; Pengajian
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 19 Feb 2022 06:45
Last Modified: 19 Feb 2022 06:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15430

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics