Ketaatan dan keteguhan istri terhadap suami dalam film “Wedding Agreement”: studi analisis semiotik Roland Barthes

Azizah, Siti Nur (2021) Ketaatan dan keteguhan istri terhadap suami dalam film “Wedding Agreement”: studi analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026021_SITI NUR AZIZAH_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601026021_SITI NUR AZIZAH_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pandangan masyarakat mengenai perempuan sekaligus perilaku sebagai seorang istri yang mengurus rumah tangga seringkali terbentuk oleh apa yang selama ini digambarkan dalam potret media massa, terutama sinema atau film yang tentunya akrab dilingkungan masyarakat. Begitupun tema film mengenai kehidupan dalam rumah tangga. Pernikahan merupakan pintu gerbang juga ladang amal dan ibadah meraih surga. Seiring dengan dinamika keluarga mengalami pasang surut dalam mempertahankan keutuhan rumah tangga. Maka seorang wanita yang berperan sebagai istri, hendaknya ia lebih memilih perannya terutama dalam hal memprioritaskan ketaatan dalam rumah tangga.
Sehingga penulis mengambil rumusan masalah: bagaimana makna ketaatan dan keteguhan seorang istri terhadap suami dalam film “Wedding Agreement”?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil yang diperoleh peneliti berkaitan dengan makna ketaatan dan keteguhan istri terhadap suami dalam film “Wedding Agreement” ini yaitu: a) Ketaatan istri dalam film “Wedding Agreement” dengan penanda verbal berupa dialog dan monolog serta penanda non verbal berupa gambar scene ditemukan dalam film “Wedding Agreement” meliputi: tidak bermuka murung di hadapan suami dan ikhlas tidak menolak ajakan suami. b) Keteguhan istri dalam film “Wedding Agreement” dengan penanda verbal berupa dialog dan monolog serta penanda non verbal berupa gambar scene ditemukan dalam film “Wedding Agreement” meliputi: sabar dalam menghadapi sikap suami, istiqomah menjadi istri yang baik, setia dan selalu husnudhzon pada suami dalam kondisi apapun. Film “Wedding Agreement” dapat mengedukasi perempuan terutama perannya sebagai seorang istri untuk taat dan teguh kepada suami dalam menghadapi permasalahan atau konflik yang terjadi di kehidupan saat berumah tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana; Pasangan Suami Istri; Keluarga Islami;
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 173 Ethics of family relationships
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 19 Feb 2022 06:55
Last Modified: 19 Feb 2022 06:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15431

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics