Penerapan bahasa jurnalistik radio dalam siaran berita di Radio Rasika USA

Izzati, Sabila (2021) Penerapan bahasa jurnalistik radio dalam siaran berita di Radio Rasika USA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026023_Sabila Izzati_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601026023_Sabila Izzati_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Radio merupakan sumber informasi yang masih dibutuhkan oleh manusia. Dalam kinerja jurnalis, radio selaku lembaga pers memiliki prinsip-prinsip pemberitaan, dalam konteks ini radio perlu mengembangkan sikap obyektif, terbuka, netral, dan menyeimbangkan sehingga menciptakan jarak dari kekuasaan tanpa menimbulkan konflik. Maka dari itu Radio Rasika USA harus benar-benar memperhatikan bahasa jurnalistiknya sebelum disiarkan. Terlebih dalam program siaran Kabar Jawa Tengah karena disiarkan juga di Radio Rasika Pekalongan, Rasika Semarang, Rasika Sragentina, Citra FM Kendal, Slawi FM, Nur FM Rembang, dan TOP FM Bumiayu.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode analisis isi, yaitu suatu teknik untuk mengambil kesimpulan dengan mengidentifikasi berbagai karakteristik khusus suatu pesan secara objektif dan sistematis. Peneliti menganalisis naskah berita Kabar Jawa Tengah bulan Oktober sampai November 2020. Metode pegumpulan data yang digunakan adalah dengan studi dokumen yaitu peneliti mendapatkan gambaran dari sudut pandang subjek melalui suatu media tertulis dan dokumen lainnya yang ditulis atau dibuat langsung oleh subjek yang bersangkutan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan bahasa jurnalistik di Radio Rasika USA belum diterapkan dengan baik oleh pihak redaksi Radio Rasika USA. Masih ditemukan 8 berita Kabar Jawa Tengah yang tidak sesuai dengan penerapan bahasa jurnalistik radio., seperti penulisan angka, tanggal, simbol dan singkatan kata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jurnalistik; Berita; Radio; Media Komunikasi
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 19 Feb 2022 07:14
Last Modified: 19 Feb 2022 07:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15435

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics