Teknik penyampaian pesan dakwah tentang ukhuwah dalam film “Ayat-Ayat Cinta”

Olga, Lusiana Elvita (2020) Teknik penyampaian pesan dakwah tentang ukhuwah dalam film “Ayat-Ayat Cinta”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026030_Lusiana Elvita Olga_ Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601026030_Lusiana Elvita Olga_ Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan, sehingga ukhuwah perlu terus dibangun. Sayangnya sering terjadi perselisihan di masyarakat, dan untuk memberikan hiburan yang mendidik dan mengandung unsur dakwah, film mengenai ukhuwah bisa menjadi alternatif sebagai contoh untuk masyarakat. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana penerapan pesan dakwah dan teknik penyampaian pesan ukhuwah dalam film Ayat-Ayat Cinta 2. Dalam menyampaikan sebuah pesan teknik yang digunakan haruslah tepat, maka tujuan yang diinginkan akan tercapai. Sehingga dengan menyoroti teknik penyampaiannya dapat diketahui apa saja teknik yang digunakan dalam film ini, agar pesan sampai kepada penonton dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa saja pesan dakwah dan teknik penyampaian pesan ukhuwah yang terdapat dalam film Ayat-Ayat Cinta 2. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, sedangkan pendekatanya menggunakan pendekatan semiotic John Fiske. Analisis data dari penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan tahap, mengumpulkan data dengan mengamati film Ayat-Ayat Cinta 2, kemudian menyusun seluruh data yang telah diperoleh sesuai urutan pembahasan, setelah itu merepresentasikan tanda-tanda melalui tiga proses yang dikemukakan oleh John Fiske yaitu realitas, representasi dan ideologi. Hasil penelitian ini menunjukan, terdapat tiga pesan dakwah yang terdapat dalam film “Ayat-Ayat Cinta 2” yaitu pesan ukhuwah islamiyah yang terdapat pada scene 14, kemudian pesan ukhuwah wathaniyah pada scene 7 dan pesan ukhuwah insaniyah yang ditunjukan pada scene 3. Teknik penyampaian pesan ukhuwah berupa audio dan visual, secara visual dapat dilihat dari segi teknik pengambilan gambar yang dilakukan oleh juru kamera sehingga akan terlihat perilaku, gerak-gerik, make up dan gaya berpakaian pemain. Melalui audio peneliti dapat mendengar dialog dan latar musik yang digunakan dalam sebuah scene sehingga munculah pemaknaan oleh peneliti dalam scene tersebut. Sehingga dapat ditemukan teknik apa saja yang digunakan untuk menampilkan pesan ukhuwah islamiyah pada scene 14, ukhuwah wathaniyah pada scene 7 dan ukhuwah insaniyah pada scene 3.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 19 Feb 2022 07:36
Last Modified: 19 Feb 2022 07:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15439

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics