Strategi dakwah Pesantren Darunnajah Banjarmangu Banjarnegara dalam meningkatkan skill santri

Sholihah, Muthi’atus (2021) Strategi dakwah Pesantren Darunnajah Banjarmangu Banjarnegara dalam meningkatkan skill santri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036080_ MUTHI’ATUS_SHOLIHAH] Text (SKRIPSI_1601036080_ MUTHI’ATUS_SHOLIHAH)
1601036080_Muthi_atus Sholihah_Lengkap Tugas Akhir - Muthi_atus S.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Muthi’atus Sholihah (1601036080) dengan judul “Strategi Dakwah Pesantren Darunnajah Banjarmangu Banjarnegara dalam Meningkatkan Skill Santri”. Dakwah merupakan seruan atau ajakan yang harus selalu ada untuk melestarikan agama Islam. Dakwah merupakan hal yang akan selalu ada dimuka bumi untuk melestarikan agama Islam. Jalan dakwah pun beraneka ragam. Dengan cara, tempat, dan pendekatan yang berbeda sesuai dengan keadaan mad’u dan lingkungan. Dakwah di indonesia salah satunya melalui pesantren, dan pesantren mempunyai peran besar dalam sejarah penyebaran islam di indonesia, begitu pula sumbangsih pesantren dalam membentuk dan memelihara kehidupan sosial, kultural, dan keagamaan. Pesantren merupakan tempat melestarikan dan mengajarkan ilmu agama. Namun ketika kita hidup dizaman sekarang, kita juga dituntut untuk mengikuti itu agar bisa stabil dalam beragama dan berkehidupan sosial. Pesantren merupakan salah santu tempat untuk melanjutkan dakwah Islam sesuai dengan perintah Nabi Muhammad SAW. Bukan hanya untuk berdakwah, pesantren juga merupakan tempat untuk menimba ilmu dan juga memajukan pendidikan terutama keagamaan di Indonesia.
Pesantren darunnajah yang didirikan oleh KH. Muhammad Iqbal ‘Amar adalah salah satu dari banyak pesantren di indonesia yang mengajarkan ilmu agama, namun di pesantren ini juga terdapat pengajaran dan pelatihan dalam beberapa skill untuk membekali santrinya menjadi orang yang bergama dan mempunyai skill setelah lulus. Karena dalam dunia organisasi apapun, akan menjadi sukses jika memiliki tenaga kerja yang terdidik dan cekatan. Tentunya dalam melaksanakan tugas tersebut, pesantren mempunyai beberapa strategi, termasuk pesantren Darunnajah. Oleh karena itu sesuai judul peneliti rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Strategi Dakwah Pesantren Darunnajah Banjarmangu Banjarnegara dalam Meningkatkan Skill Pada Santri”.
Tujuan penelitian ini adalah agar dapat diketahui bagaimana strategi-strategi dakwah yang ada di pesantren Darunnajah dapat meningkatkan skill santri-santrinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Adapun sumber data penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dengan menggunakan pendekatan induktif, yakni pengumpulan data yang selanjutnya dikembangkan menjadi hipotesis. Lalu uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah strategi dakwah pesantren Darunnajah dalam meningkatkan skill santri terdiri dari dakwah bil hikmah dengan beberapa kegiatan yaitu keagamaan, desain grafis, bertani, menjahit, dan khitobahan. Dengan beberapa strategi tersebut diharapkan dapat menyampaikan nilai dakwah sekaligus meningkatkan skill santri Darunnajah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Pesantren Darunnajah Banjarmangu; Skill santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 09 Apr 2022 02:24
Last Modified: 09 Apr 2022 02:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15440

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics