Peran organisasi rohani Islam dalam membentuk kepribadian Islami di SMK Negeri 1 Kendal

Ulfah, Nurul (2021) Peran organisasi rohani Islam dalam membentuk kepribadian Islami di SMK Negeri 1 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036083_NURUL_ULFAH] Text (SKRIPSI_1601036083_NURUL_ULFAH)
SKRIPSI_FULL_NURUL_ULFAH_(1601036083)-converted - 80- Nurul Ulfah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peran Organisasi Rohani Islam dalam Membentuk Kepribadian Islami di SMK N 1 Kendal, dengan rumusan masalah yaitu program dan kegiatan organisasi rohani islam dalam membentuk kepribadian islami di SMK Negeri 1 Kendal, peran kegiatan organisasi rohani islam dalam membentuk kepribadian islami di SMK Negeri 1 Kendal. Tujuan penelitian yaitu mengetahui apa saja program dan kegiatan organisasi rohani islam dalam membentuk kepribadian islami di SMK Negeri 1 Kendal serta megetahui bagaimana peran kegiatan organisasi rohani islam dalam membentuk kepribadian islami di SMK Negeri 1 Kendal.

Penelitian ini adalah penelitian yang sifatnya deskriptif kualitatif karena sifatnya menggambarkan atau mendeskripsikan fenomena yang diteliti secara analisa. Sumber data penelitian ini adalah Pembina Rohis, Ketua Rohis dan Anggota Rohis. Metode yang digunakan dalam pengumpulam data dengan teknis observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran program kegiatan rohis dalam membentuk kepribadian islami di SMK N 1 Kendal melalui 2 tahapan yaitu tahap tazkiyah an-nafs dan tahap proses pembiasaan. Tahap yang pertama taziyah an-nafs seperti wisata taqwa, mabit, pelaksanaan kegiatan hari besar islam dan dakwah online. Tahap proses pembiasaan yaitu melalui program kajian online, satgas pagi mengaji, rohis gathering, BBM (bersih-bersih masjid) dan pelantikan pengurus baru. Adapun peran organisasi rohani islam dalam membentuk kepribadian islami di SMK N 1 Kendal yaitu melalui beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Rohis. Rohis juga berperan sebagai fasilitator siswa dalam menanamkan kepribadian yang baik serta menjadi tauladan yang baik bagi seluruh siswa di SMK N 1 Kendal.

Implikasi penelitian ini diharapkan kepada Pembina Rohis agar meningkatkan kualitas program kegiatan rohis serta lebih intensif dalam membimbing siswa sehingga hasilnya lebi optimal dan menghasilkan generasi yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran rohis; Program kegiatan rohis; Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Apr 2022 01:59
Last Modified: 16 Apr 2022 01:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15441

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics