Efektifitas metode fundraising dalam peningkatan perolehan dana ZIS di lembaga Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Semarang

Arfiyanto, Arfiyanto (2021) Efektifitas metode fundraising dalam peningkatan perolehan dana ZIS di lembaga Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036090_ARFIYANTO] Text (SKRIPSI_1601036090_ARFIYANTO)
ARFIYANTO_1601036090_SKRIPSI FULL1 - Arfi yanto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Arfiyanto (1601036090) dengan judul “Efektifitas Metode Fundraising dalam Perolehan Dana ZIS Di Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Semarang”. Skripsi, Semarang, Program Strata (SI), Jurusan Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang.
Penulis melakukan penelitian di LAZNAS IZI Kantor Perwakilan Jawa Tengah yang berlokasi di Jalan Puspowarno Raya No. 52 Bojongsalaman, Semarang Barat, Kota Semarang Jawa Tengah. Penelitian ini bermaksud untuk (1) mengetahui metode fundraising dalam peningkatan perolehan dana ZIS di lembaga Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Semarang (2) mengetahui efektifitas metode fundrising dalam peningkatan perolehan dana ZIS di lembaga Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan oleh penulis adalah data primer dan data sekunder, yang kemudin dianalisis menggunakan model analisis kualitatif model Miles dan Huberman, yaitu denga reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) metode fundraising dalam peningkatan perolehan dana ZIS di lembaga Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Semarang : Pertama, metode yang di gunakan di lembaga IZI yaitu, metode direct (langsung) yaitu dengan cara Layanan Pembayaran secara langsung di Kantor IZI Semarang, layanan gerai zakat, layanan via ZakatPedia.Com, layanan jemput zakat, kunjungan langsung ke donatur atau ke mitra perusahaan atau mitra izi, indirect (tidak langsung) dengan cara Email selling, Whatsapp selling, Phone selling, Layanan Zakat Via ATM. (2) efektifitas metode fundrising dalam peningkatan perolehan dana ZIS di lembaga Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Semarang : lembaga IZI sudah di katakan efektif dalam melakukan metode fundrising karena mereka mempunyai tolak ukur berupa KPI (Key Performace Indicator) yaitu sebuah indicator kunci untuk mengukur kinerja. Dan memiliki standar bahwa semua program yang di kerjakan di lembaga tersebut harus mencapai minimal 75% dari target program-programnya dan berdasarkan teori efektifitas yang saya gunakan juga relevan karena suatu organisasi dikatakan efektif jika output yang di hasilkan bisa memenuhi tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fundraising; ZIS; lembaga Inisiatif Zakat Indonesia (IZI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Apr 2022 02:13
Last Modified: 16 Apr 2022 02:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15444

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics