Strategi fundraising di UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) Masjid Raya Baiturrahman Semarang

Pratiwi, Icha Ayu (2021) Strategi fundraising di UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) Masjid Raya Baiturrahman Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036099_ICHA_AYU_PRATIWI] Text (SKRIPSI_1601036099_ICHA_AYU_PRATIWI)
1601036099_Icha Ayu Pratiwi_ Full Skripsi - Icha Ayu Pratiwi(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Icha Ayu Pratiwi, 1601036099, Strategi Fundraising di UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) Masjid Raya Baiturrahman Semarang.
Kemiskinan menjadi masalah yang paling krusial.Pemerintah telah berupaya untuk mengatasi kondisi ekonomi masyarakatnya.Indonesia sebagai Negara yang paling banyak persentase penduduk Islam. Memiliki upaya untuk mensejahterakan umat yakni dengan berzakat, infaq dan bersedekah.Lembaga zakat hadir untuk mengentaskan kemiskinan dengan mengadakan kegiatan fundraising serta memilih startegi yang tepat dengan kondisi dan situasi muzaki ataupun donatur.Keberhasilan fundraising memerlukan strategi dan analisis yang efektif dan efisien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuistrategi fundarsingg di UPZ Masjid Raya Baiturrahman Semarang dalam melakukan penghimpunan atau fundraising, serta bagaimana strategi fundraising di dalam analisis SWOT di Unit Pengumpulan Zakat Masjid Raya Baiturrahman Semarang dalam perolehan dana Zakat, Infaq dan Shadaqah.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan datayaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkanmetodeanalisis data menggunakanreduksi data, penyajian data, kesimpulan data, dan validitas data.
Hasil daripenelitian yang dilakukanyaitupenggunaan Strategi fundraisingdenganmembangunkonsistensianggota, bermitradenganperusahaanataulembaga yang berada di naungan Masjid Raya Baiturrahman Semarang, bekerjasamadenganpemerintah, pengajuan proposal dan suratajakankepadalembagaataupunperusahaan, menjualbarang dan jasa, memanfaatkanjasarelawan, dan penyimpanan dana abadiuntuk non-operasional. Selain Strategi fundraising tersebut UPZ Masjid Raya Baiturrahman Semarang juga menggunakandua Strategi fundraisingyaitu, indirect fundraising dan direct fundraising.Strategi fundraising yang diterapkan oleh UPZ Masjid Raya Baiturrahman Semarang adadua :1. Strategi fundraisinglangsungantara lain: jemput zakat denganstrategi inidapatmempererathubunganantaralembaga dan muzakiataupun donator, menjalinkerjasamadenganperusahaan, pengadaaneventuntukmembanguncitralembaga agar diminati oleh khalayak umum.2.Strategi fundraisingtidaklangsungantara lain direct mail pengajual proposal atausuratajakankepadalembagaataupuperusahaan yang beradadibawahnaungan Masjid Raya Baiturrahman Semarang, ajakanmelaluitelefonuntukberzakat, infak dan sedekah, melalui media social untukmenyebaraninformasisertamemperkenalkanlembagakepadamasyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Fundraising; Analisis Swot; UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) Masjid Raya Baiturrahman Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Apr 2022 03:07
Last Modified: 16 Apr 2022 03:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15447

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics