Fundraising dan pendistribusian di organisasi sedekah beras Semarang

Nurjannah, Ika (2021) Fundraising dan pendistribusian di organisasi sedekah beras Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036102_IKA_NURJANNAH] Text (SKRIPSI_1601036102_IKA_NURJANNAH)
Skripsi Ika Nurjannah - Ika Nurjannah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Keadaan yang sekarang ini pada umumnya di Indonesia banyak yang berada di gariskemiskinan apalagi dengan keadaan yang memprihatinkan dengan adanya wabah Corona-19 yang tak kunjung ada hentinya, dengan itu adanya tindakan yang berupa sederhana seperti sedekah. Dalam islam menganjurkan umatnya untuk gemar bersedekah, gemar sedekah adalah salahsatu indikator kesalehan sosial dan horizontal. Potensi yang dibangun dan dikembangkan dalam pembangunan dibidang sosial salah satunya adalah fundraising dan pendistribusian di organisasi Sedekah Beras Semarang. Fundraising dan pendistribusian merupakan salah satu kegiatan yang berhubungan langsung dengan orang-orang yang kekurangan dalam hal financial. Oleh karena itu fundraising dan pendistribusian mempunyai peran penting yang sangat besar.
Jenis dan pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang sifat umumnya terdapat kenyataan sosial .deskriptif kualitatif adalah suatu pendekatan penelitian yang menggambarkan suatu simulasi atau kondisi dilapangan dan datanya yang dikumpulkan berupa data kata-kata penelitian deskriptif merupakan penelitian untuk mengumpulkan informasi mengenai gejala yang ada, keadaan yang ada saat penelitian dilakukan. Sumber data primer didapat melalui wawancara dengan relawan organisasi seperti ketua, sekertaris dan juga penerima sedekah beras semarang, sedangkan sumber data skunder didapat dari tinjauan literature, dll yang diperoleh dari obyek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi di Sedekah Beras Semarang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tiga hal utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Organisasi Sedekah Beras Semarang sudah menyampaikan amanatnya ke warga yang membutuhkan dan dana yang telah didapat sudah dikelola dengan baik untuk di alokasikan kepada warga yang sangat membutuhkan. Organisasi Sedekah Beras Semarang ini memiliki sasaran atau target kepada pantiasuhan, panti cacat ganda, pondok pesantren tahfidz, janda dan dhuafa. Organisasi sedekah beras semaran ini adalah merupakan tindakan nyata dalam penyaluran dana sedekah karena SBS tersebut mampu mendorong dan menggerakan kemampuan masyarakat dalam memecahkan masalah, dalam bidang ekonomi selain itu dapat memberikan manfaat dan contoh bagi masyarakat sekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fundraising; Pendistribusian; Sedekah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 23 Feb 2022 07:25
Last Modified: 23 Feb 2022 07:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15448

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics