Pengembangan keberagamaan masyarakat industri oleh Kyai Khubab Ibrahim di Desa Kalisari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak

Kirom, Miftacul (2020) Pengembangan keberagamaan masyarakat industri oleh Kyai Khubab Ibrahim di Desa Kalisari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_131411036_Miftacul Kirom] Text (Skripsi_131411036_Miftacul Kirom)
Skripsi_131411036_Miftacul Kirom.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (923kB)

Abstract

Pengembangan keberagamaan merupakan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat desa Kalisari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Namun masalah masyarakat desa yang kurang aktif dalam kegiatan keagamaan dikarenakan terkendala oleh kurangnya kesadaran masyarakat desa kalisari mengenai pentingnya nilai-nilai ajaran agama Islam. Sehingga hal tersebut membutuhkan perhatian dari tokoh agama Islam yang ada di desa Kalisari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, sebagai penggerak dan memberikan pemahaman yang baik mengenai nilai-nilai dari ajaran agama Islam itu sendiri dan tentunya juga mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sosial. Fokus penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana pengembangan keberagamaan masyarakat industri yang dilakukan oleh kyai Khubab Ibrahim di desa Kalisari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan pengembangan keberagamaan masyarakat industri yang dilakukan oleh kyai Khubab Ibrahim di desa Kalisari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak dalam memberi pemahaman mengenai nilai-nilai ajaran agama Islam kepada masyarakat desa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitiannya yaitu sumber data primer dan data sekunder. Sumber data primer didapatkan melalui sumber data utama seperti tokoh agama Islam yang ada di desa Kalisari. sedangkan data skunder didapat kan melalui refrensi-refrensi yang berkaitan dengan pengembangan keberagamaan masyarakat industri melalui buku, jurnal dan internet. Teknik analisis data meliputi : (1) Reduksi data, yaitu merangkum, memilih hal-hal yang pokok dan yang penting sehingga memberikan gambaran yang jelas untuk pengumpulan data selanjutnya. (2) penyajian data. Penyajian data dalam bentuk uraian singkat, tabel, dan lain sejenisnya, (3) penyimpulan. Hasil penelitian yang menjawab focus dari penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan masyarakat merupakan suatu usaha bersama dan terencana untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Proses pengembangan yang dilakukan Kyai Khubab yaitu memberikan dorongan kepada masyarakat agar menjalankan ajaran-ajaran agama dan mengajak dengan cara berinteraksi langsung secara tatap muka. Dalam upaya peningkatan keberagamaan yang dilakukan oleh kyai Khubab Ibrahim memiliki tahapan-tahapan, tahap awal dengan memberi nasihat dan arahan melalui kegiatan-kegiatan mengaji kitab dan alqur’an, tahap selanjutnya memberikan pemahaman mengenai akhlak; budi pekerti guna menambah wawasan masyarakat desa Kalisari agar menjadi lebih baik. Cara kyai Khubab Ibrahim dalam meningkatkan keberagamaan masyarakat yaitu dengan mendekati secara personal ataupun kelompok dengan menyelipkan sedikitdemi sedikit pemahaman mengenai agama, memberi keleluasan kepada masyarakat desa Kalisari yang bersedia mengikuti kegiatan keagamaan seperti; waktu pelaksanaan, materi yang ingin dibahas dan tempat pelaksanaan. Program pengembangan yang dilakukan oleh Kyai Khubab Ibrahim adalah kuliah ahad pagi, tadarus al-Qur’an dan ngaji kitab. Gerakan pengembangannya yaitu meningkatkan sikap keberagamaan masyarakat, agar masyarakat desa Kalisari mampu menjalankan nilai-nilai yang diajarkan dalam al-Qur’an dan assunah. Menjadikan pribadi yang kokoh dalam berperilaku, seperti, kejujuran, kedisiplinan, dan semangat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keberagamaan masyarakat industri; Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 16 Apr 2022 03:18
Last Modified: 16 Apr 2022 03:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15458

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics