Peningkatan ekonomi masyarakat melalui usaha sangkar burung di Desa Wirun Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo

Putra, Fahmi Nurmaula (2021) Peningkatan ekonomi masyarakat melalui usaha sangkar burung di Desa Wirun Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601046002_Fahmi Nurmaula Putra] Text (Skripsi_1601046002_Fahmi Nurmaula Putra)
Skripsi_1601046002_Fahmi Nurmaula Putra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Fahmi Nurmaula Putra (1601046002). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Usaha Sangkar Burung Di Desa Wirun Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Usaha sangkar burung merupakan kerajinan yang berada di Desa Wirun Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Dimana Desa Wirun menjadi sentra kerajinan sangkar burung di karenakan sekarang ini banyak dari masyarakatnya yang menekuni kerajinan sangkar burung ini.
Usaha kerajinan sangkar burung ini sebenarnya sudah ada sejak dahulu secara turun temurun, namun seiring berjalannya waktu mulai di tinggalkan dan hanya dilakoni oleh beberapa orang saja termasuk salah satunya bapak Salman. Dengan keprihatinan tersebut akhirnya bapak Salman tergerak untuk mengajak masyarakat lain di sekitarnya supaya bisa melestarikan kerajinan sangkar burung yang sudah ada secara turun temurun tersebut bekerjasama dengan pihak Desa Wirun untuk melakukan pelatihan kepada masyarakat Desa Wirun terkhusus warga rw delapan. Hal ini dapat memberikan motivasi dan peningkatan ketrampilan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Rumusan Masalah yang diajukan dalam penelitian ini yaitu : 1. Bagaimana proses peningkatan ekonomi masyarakat melalui usaha sangkar burung di Desa Wirun Kecamatan Kutoarjo Purworejo. 2. Bagaimana hasil peningkatan ekonomi masyarakat melalui usaha sangkar burung di Desa Wirun Kutoarjo Purworejo. Dengan tujuan untuk mengetahui proses peningkatan ekonomi yang dilakukan melalui usaha sangkar burung, dan hasil yang diperoleh dalam masyarakat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Informasi yang didapatkan dari penelitian ini memerlukan beberapa metode pengumpulan data, yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilanjutkan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kemudian verifikasi data.Hasil dari peningkatan ekonomi ini adalah masyarakat dapat menjadi pengrajin yang lebih terampil serta mandiri, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih sejahtera bagi masyarakat Desa Wirun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peningkatan ekonomi masyarakat; Desa Wirun; Usaha kerajinan sangkar burung
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 16 Apr 2022 03:19
Last Modified: 16 Apr 2022 03:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15462

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics