Pengelolaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) berdasarkan sistem zonasi di SMP Negeri 1 Mlonggo Jepara

Rohmah, Sheila (2020) Pengelolaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) berdasarkan sistem zonasi di SMP Negeri 1 Mlonggo Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036022_SHEILA_ROHMAH] Text (SKRIPSI_1603036022_SHEILA_ROHMAH)
SKRIPSI_1603036022_SHEILA_ROHMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakseimbangan antara jumlah sekolah dasar dan sekolah menengah yang berstatus negeri di kecamatan Mlonggo. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengelolaan PPDB berdasarkan sistem zonasi yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) perencanaan kegiatan PPDB dilakukan sesuai juknis dari pemerintah, 2) pengorganisasian PPDB dilakukan pasca pembentukan panitia PPDB dan panitia PPDB dipilih berdasarkan pendidik dan tenaga pendidik yang mengusai ICT, 3) pelaksanaan pendaftaran peserta didik baru dilakukan secara online mandiri dan offline bagi masyarakat yang kurang paham akan tata cara pendaftaran secara online, 4) pengawasan PPDB dilakukan kepala sekolah beserta panitia PPDB dengan mengadakan rapat evaluasi setiap akhir jam pelayanan. Tahap rapat penentuan peserta didik yang diterima dalam prosedur PPDB tidak berlaku pada PPDB berdasarkan sistem zonasi. SMP Negeri 1 Mlonggo sebagai satu-satunya sekolah yang berstatus negeri di Kecamatan Mlonggo telah menambah jumlah daya tampung pada tahun sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB); Sistem zonasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Lia Safitri
Date Deposited: 26 Mar 2022 01:46
Last Modified: 26 Mar 2022 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15505

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics