Strategi promosi madrasah berbasis alumni di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyumas

Khasanah, Firda Nur (2020) Strategi promosi madrasah berbasis alumni di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyumas. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036045_FIRDA NUR KHASANAH] Text (SKRIPSI_1603036045_FIRDA NUR KHASANAH)
SKRIPSI_1603036045_FIRDA NUR KHASANAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan karena kurangnya sosialisasi langsung kepada masyarakat, kurangnya informasi yang disampaikan melalui media internet, dan Tidak semua orang bisa mengakses informasi mengenai MAN 2 Banyumas. Hal ini terjadi karena dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal dari alumni.
Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, untuk mendapatkan data antara lain melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui teknik triangulasih data dan analisis data.
Hasil dari penelitian ini: (1) alasan madrasah menggunakan alumni dalam promosi yaitu alumni berperan sebagai katalis dalam menyebarkan informasi, alumni dapat membangun opini masyarakat, alumni dapat mengembangkan jaringan dan membangun pencitraan. (2) pelaksanaan dengan sosialisasi ke SMP/MTs, kegiatan Idhul Adha, HUT madrasah. (3) implikasi strategi promosi menggunakan alumni yaitu meningkatnya jumlah pserta didik dari tahun ke tahun.
Saran peneliti dalam penelitian ini: (1) alumni hendaknya melakukan penyebaran jaringan di media sosial lebih ditingkatkan lagi dan selalu update. (2) alumni juga harus lebih perhatian lagi kepada alumni-alumni lulusan baru dan selalu menjalin komunikasi yang baik. (3) alumni lebih efektif lagi dalam menyebarluaskan informasi madrasaah dan merangkul alumni baru untuk ikut serta mempromosikan almamaternya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi promosi; Madrasah; Alumni
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Annisa Rizki Safitri
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:06
Last Modified: 26 Mar 2022 02:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15517

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics