Manajemen strategi dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Losari Cirebon

Muhimmah, Rif'atul (2020) Manajemen strategi dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Losari Cirebon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036051_RIF'ATUL_MUHIMMAH] Text (SKRIPSI_1603036051_RIF'ATUL_MUHIMMAH)
SKRIPSI_1603036051_RIF'ATUL_MUHIMMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Manajemen strategi merupakan suatu alternatif yang dapat dijadikan jalan keluar untuk mencapai tujuan pendidikan dalam meningkatkan mutu PAI di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana manajemen strategi peningkatan mutu PAI di SMA N 1 Losari Cirebon. 2) Bagaimana implikasi penerapan manajemen strategi terhadap peningkatan mutu PAI di SMA N 1 Losari Cirebon.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Aktifitas pengambilan data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dilakukan triangulasi untuk uji keabsahan data, dan dianalisis dengan teknik analisis data.
Berdasarkan hasil penelitian di SMA N 1 Losari, menunjukkan bahwa: 1) Perumusan strategi dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam mencakup beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu pengembangan visi, misi dan tujuan, mengidentifikasi faktor internal dan eksternal melalui analisis SWOT, menentukan strategi tepat dan unggul serta perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang. 2). Pelaksanaan strategi, yang mencakup menentukan kebijakan sekolah, memotivasi individu dan sekolah, dan alokasi sumber daya. 3). Evaluasi pengendalian strategi yang meliputi memonitor seluruh hasil kegiatan, mengukur kinerja, dan mengambil langkah-langkah perbaikan. Dan implikasi manajemen strategi terhadap mutu PAI mencakup 1) Pengelolaan, 2) Pembiayaan, 3) Sarana dan Prasarana, 4) Kurikulum, dan 5) Guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen strategis; Mutu pendidkikan; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Zelina Rosalino
Date Deposited: 18 Mar 2022 07:12
Last Modified: 18 Mar 2022 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15531

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics