Manajemen kurikulum full day school di SD Daarul Qur'an Kota Semarang

Amalia, Nadia Shovi (2020) Manajemen kurikulum full day school di SD Daarul Qur'an Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036071_NABILA_SHOVI_AMALIA] Text (SKRIPSI_1603036071_NABILA_SHOVI_AMALIA)
SKRIPSI_1603036071_Nabila Shovi Amalia_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas manajemen kurikulum full day school yang ada di SD Daarul Qur’an kota Semarang. Kajian yang melatarbelakangi skripsi ini adalah pentingnya sebuah kurikulum full day school dalam pembentukan karakter peserta didik. skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan kurikulum full day school di SD Daarul Qur’an kota Semarang, (2) Pelaksanaan kurikulum full day school di SD Daarul Qur’an kota Semarang, (3) Evaluasi kurikulum full day school di SD Daarul Qur’an kota Semarang.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumen. Dalam penelitian ini untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan cara reduksi data, penyajian, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini peneliti menunjukkan bahwa : (1) Dalam perencanaan kurikulum full day school yang ada di SD Daarul Qur’an kota Semarang berasal dari yayasan pusat daarul qur’an. Kemudian kurikulum tersebut dikelola kembali oleh pihak SD Daarul Qur’an kota Semarang. (2) Dalam pelaksanaan kurikulum full day school SD Daarul Qur’an kota Semarang hal yang dilakukan pertamakali adalah menyusun kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus dan RPP. (3) Evaluasi yang dilakukan oleh peneliti dalam melakukan penelitian di SD Daarul Qur’an kota Semarang menggunakan evaluasi context, input, process, product (CIPP).
Dari hasil penelitian ini peneliti memberikan saran kepada SD Daarul Qur’an kota Semarang untuk meningkatkan pengelolaan manajemen yang ada di SD Daarul Qur’an kota Semarang, serta mempertahankan prestasi yang didapapat serta mempertahankan kegiatan-kegiatan pembentukan karakter Islami yang sudah menjadi ciri khas daarul qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pendidikan; Kurikulum; Full day school
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Abdul Chamid
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:33
Last Modified: 26 Mar 2022 02:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15546

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics