Analisis kebijakan pimpinan dalam mewujudkan visi dan misi Falkultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Seamarang : mengembangkan kerja sama bidang pendidikan dengan berbagai lembaga regional, nasional dan internasional

Achmad, Rizal Alfian (2021) Analisis kebijakan pimpinan dalam mewujudkan visi dan misi Falkultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Seamarang : mengembangkan kerja sama bidang pendidikan dengan berbagai lembaga regional, nasional dan internasional. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036069_RIZAL_ALFIAN_ACHMAD] Text (SKRIPSI_1603036069_RIZAL_ALFIAN_ACHMAD)
SKRIPSI_1603036069_RIZAL_ALFIAN_ACHMAD.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kebijakan pimpinan menjadi penentu arah gerak lembaga pendidikan. Begitu pula dalam mengembangkan kerja sama bidang pendidikan dengan berbagai lembaga regional, nasional dan internasional. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kebijakan pimpinan dalam mengembangkan kerja sama bidang pendidikan dengan berbagai lembaga regional, nasional dan internasional. 2) Upaya pimpinan dalam menindaklanjuti kerja sama bidang pendidikan dengan berbagai lembaga regional, nasional dan internasional. 3) Problematika pimpinan dalam mengembangkan kerja sama bidang pendidikan dengan berbagai lembaga regional, nasional dan internasional. Studi kasus penelitian ini di FITK UIN Walisongo Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik menganalisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pola kerjasama FITK UIN Walisongo Semarang dikembangkan dalam dua jenis yaitu kerja sama yang dikembangkan prodi dan KKH UIN Walisongo Semarang. (2) Upaya pimpinan dalam menindaklanjuti program kerjasama adalah dengan memperlebar dan memperluas jaringan, Meningkatkan kapasitas tenaga pendidik, mendampingi sekolah atau madrasah yang ada di sekitar UIN Walisongo Semarang, memberikan pendidikan dan pelatihan kepada tenaga pendidik yang ada di sekolah atau madrasah diwilayah UIN Walisongo Semarang, update terhadap kebutuhan jurusan.(3) problematika pimpinan dalam menjalin kerja sama adalah tidak adanya bagian tata usaha yang membidangi secara khusus jalinan kerja sama, kendala fisik (COVID -19), SDM FITK UIN Walisongo Semarang masih kurang dan output dari pelatihan dan pendidikan belum tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis kebijakan; Pimpinan; Pendidikan tinggi; Kerja sama
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Lia Safitri
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:38
Last Modified: 26 Mar 2022 02:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15552

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics