Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan budaya religius di MI Negeri Kota Semarang

Naim, Rohmatun Siti (2020) Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan budaya religius di MI Negeri Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036097_NAIM_ROHMATUN_SITI] Text (SKRIPSI_1603036097_NAIM_ROHMATUN_SITI)
SKRIPSI_1603036097_NAIM_ROHMATUN_SITI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah sangat berpengaruh dan memiliki peran yang sangat penting terhadap keberhasilan suatu lembaga pendidikan yang dipimpinnya, mengarahkan semua warga madrasah untuk melakukan kegiatan yang telah disepakati bersama-sama dalam meningkatkan budaya religius agar mencapai tujuan yang diinginkan dalam rangka menjadikan lembaga pendidikan yang berkualitas yang berbasis Islami. Adapun yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan budaya religius di MIN Kota Semarang dan bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan budaya religius di MIN Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui budaya religius yang ada di MIN dan mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan budaya religius.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dan termasuk pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwasanya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan budaya religius di MIN Kota Semarang selalu ikut andil dalam kegiatan religius dan memberi sikap keteladanan yang baik supaya warga madrasah mengikuti juga dan berdampak terhadap siswanya menjadi lebih baik lagi dan bisa disiplin dalam kegiatan budaya religius, pelaksanaan budaya religius dari mulai masuk sekolah sampai pulang kembali seperti shalat zuhur berjamaah, tahfidz dan program kegiatan ekstrakurikuler yang berbasis religius semua sudah berjalan baik dan harapannya semua siswa mempunyai sikap akhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepala madrasah; Budaya religius
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Dely Tresia Putri
Date Deposited: 19 Mar 2022 07:46
Last Modified: 19 Mar 2022 07:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15555

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics