Manajemen layanan perpustakaan di SMK Negeri 3 Semarang

Safitri, Diana Elfie (2020) Manajemen layanan perpustakaan di SMK Negeri 3 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036100_ELFIE_DIANA_SAFITRI] Text (SKRIPSI_1603036100_ELFIE_DIANA_SAFITRI)
SKRIPSI_1603036100_ELFIE_DIANA_SAFITRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keberhasilan manajemen layanan perpustakaan, diharapkan akan memberikan pengaruh terhadap kualitas perpustakaan. Untuk itu, peneliti berupaya untuk menggali informasi tentang manajemen layanan perpustakaan di SMK Negeri 3 Semarang.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengertian kualitatif ini dilakukan dengan reduksi data, display data atau pengambilan kesimpulan. Dengan teknik pengumpulan data observasi wawancara dokumentasi.
Hasil penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana Manajemen Layanan Perpustakaan di SMK Negeri 3 Semarang. Manajemen layanan perpustakaan di SMK Negeri 3 Semarang dalam hal ini peran atau tugas pustakawan meliputi: 1) Melakukan kegiatan inventarisasi atau menginduk bahan pustaka. 2) Pengklasifikasian, pengkatalogisasian dan pemberian perlengkapan fisik bahan pustaka. 3) Pengetikan label buku fiksi dan nonfiksi (Bahan Pustaka). 4) Memberi cap atau stampel kepemilikan perpustakaan pada bahan pustaka sesuai aturan. 5) Pengerakkan bahan pustaka. 6) Menentukan objek kerja perpustakaan (berhubungan dengan pemakai perpustakaan. 7) Merumuskan kebijakan perpustakaan (dari objek perpustakaan menjadi perencanaan perpustakaan). 8) Merencanakan gedung serta pengaturan tempat. 9) Mengorganisasikan kegiatan perpustakaan lainnya. 10) Mengkoordinasikan atau menyelaraskan kegiatan perpustakaan. 11) Merencanakan dan pemilihan bahan pustaka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen perpustakaan; Layanan perpustakaan; Perpustakaan sekolah
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: M. Ikbal Agustami
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:40
Last Modified: 26 Mar 2022 02:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15558

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics