Manajemen ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Tsanawiyah Mazro’atul Ulim Suwaduk Pati

Wiratno, Mohammad Danang (2020) Manajemen ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Tsanawiyah Mazro’atul Ulim Suwaduk Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036108] Text (SKRIPSI_1603036108)
1603036108_Mohammad Danang Wiratno_Full Skripsi - Moh Danang Wiratno.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ekstrakurikuler pramuka di MTs Mazro’atul Ulum Suwaduk Pati sering aktif mengikuti kegiatan pramuka di luar lingkungan sekolah dan pernah meraih prestasi. Hal tersebut dikarenakan manajemen ekstrakurikuler pramuka di MTs Mazro’atul Ulum Suwaduk Pati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen ekstrakurikuler pramuka di MTs Mazro’atul Ulum Suwaduk Pati. Dimana manajemen yang diteliti adalah perencaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan uji keabsahan data dengan teknik triangulasi dan menggunakan perpanjangan pengamatan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peniliti, dapat diambil kesimpulan bahwa Manajemen ekstrakurikuler pramuka sudah tergolong baik. Terbukti dengan kajian yang diteliti bahwa: (1) dalam hal perencanaan, pengelolaan ekstrakurikuler pramuka yang ada di MTs Mazro’atul Ulum Suwaduk Pati adalah dengan merancang visi dan misi ekstrakurikuler pramuka, tujuan program, rencana kerja dan pembinaan secara teratur. (2) dalam hal pelaksanaan, MTs Mazro’atul Ulum Suwaduk Pati yang memuat tentang struktur organisasi, menyusun kurikulum Program ekstrakurikulier pramuka, membuat pembinaan, mengatur sumber dana dan mengatur sarana prasana ekstrakurikuler pramuka. (3) sedangkan evaluasi dilakukan melalui evaluasi peserta yang dilakukan dalam setiap kali latihan, evaluasi program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Kedisplinan pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka terutama pada anggota pramuka dalam mengikuti kegiatan perlu ditingkatkan, serta komitmen pengurus dan pembinaan perlu ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen ekstrakurikuler; Pramuka
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Maulida Qurrotu'ain
Date Deposited: 26 Mar 2022 03:09
Last Modified: 26 Mar 2022 03:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15570

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics