Nilai-nilai pendidikan karakter bab adabul alim wa muta'allim dalam kitab Bidayatul Hidayah dan implementasinya bagi santri Qosim Al Hadi Semarang

Arif, Zaenal (2021) Nilai-nilai pendidikan karakter bab adabul alim wa muta'allim dalam kitab Bidayatul Hidayah dan implementasinya bagi santri Qosim Al Hadi Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016193_ZAENAL_ARIF] Text (SKRIPSI_1603016193_ZAENAL_ARIF)
SKRIPSI_1603016193_ZAENAL_ARIF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang mengenai tentang pendidikan ahklak atau karakter, karena Pendidikan menjadi hal terpenting dalam pembentukan pribadi manusia agar seorang santri mengerti bagaimana cara mereka bersosialisai, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada salah satu bab dalam kitab Bidayatul Hidayah dan implementasinya terhadap santri yang berada di Pondok Pesantren Qosim Al Hadi Semarang.
Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif, jenis penelitian ini adalah kepustakaan (Library Research) dengan cara telaah pustaka, sumber data yang di gunakan adalah kitab Bidayatul hidayah, teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu melalui metode dokumentasi, analisis yang digunakan penelitian ini adalah analisi isi (content analysis) pendekatan interpretasi (penafsiran).
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di temukan kesimpulan yaitu : 1. Nilai pendidikan karakter, Adab seorang guru terhadap muridnya yaitu, bertanggung jawab, sabar, duduk dengan wibawa, ramah terhadap para murid, membimbing, menghormati pendapat muridnya, mempraktekkan makna taqwa dalam kehidupan sehari-harinya. Adab seorang murid terhadap gurunya yaitu, memberikan ucapan salam kepada seorang guru, tidak berbicara di hadapanya, adab bertanya kepada guru, adab berdiskusi kepada guru, adab murid ketika belajar dengan gurunya, tidak berprasangka buruk kepada gurunya. 2. Implementasinya bagi santri yang terdapat di Pondok Pesantren Qosim Al Hadi, seorang santri harus selalu bersikap Religius, selain itu dalam implementasinya terhadap santri harus memiliki sikap peduli sosial yang tinggi, hal ini sangatlah penting bagi seorang santri memiliki jiwa sosial yang tinggi karena dengan sikap tersebut seorang santri akan peka dengan keadaan, menghormati yang lebih tua, saling membantu kepada teman yang kesusahan serta akan selalu terjalin ikatan yang sopan santun terhadap gurunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Kitab Bidayatul Hidayah; Pondok pesantren; Adab guru dan murid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lia Safitri
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:53
Last Modified: 06 Apr 2022 01:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15610

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics