Penanaman nilai-nilai antikorupsi dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Kebumen

Hidayati, Yuni Nur (2020) Penanaman nilai-nilai antikorupsi dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016010_YUNI_NUR_HIDAYATI;] Text (SKRIPSI_1603016010_YUNI_NUR_HIDAYATI;)
SKRIPSI_1603016010_YUNI_NUR_HIDAYATI;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penanaman nilai-nilai antikorupsi di MAN 2 Kebumen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk nilai – nilai antikorpsi di MAN 2 Kebumen dan untuk mengetahui penanaman nilai – nilai antikoupsi di MAN 2 Kebumen.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi MAN 2 Kebumen. populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA dan IPS sebanyak 6 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode: wawancara, observasi dan dokumentasi.
Setelah melakukan penelitian, Peneliti menemukan nilai-nilai antikorupsi di MAN 2 Kebumen. Namun peneliti menemukan dua hal dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti tentang penanaman nilai-nilai antikorupsi dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Kebumen dapat diambil kesimpulan bahwa: 1. Bentuk nilai-nilai antikorupsi di MAN 2 Kebumen terdapat bagian dari nilai-nilai yang sesuai dengan 9 nilai antikorupsi yang dirumuskan KPK. Hal ini bisa ditemukan melalui: 2. nilai kejujuran, nilai kedisiplinan, nilai tanggung jawab, nilai kesederhanaan, nilai keberanian, nilai keadilan, nilai keadilan, nilai kemandirian dan nilai kerja keras. Penanaman nilai-nilai antikorupsi pada siswa di MAN 2 Kebumen terdapat bagian dari nilai-nilai antikorupsi dan termasuk bagian dari nilai antikorupsi sesuai dengan 9 nilai antikorupsi yang dirumuskan KPK, dapat kita temukan melalui: Kegiatan Pembebelajaran Akidah Akhlak, Program pengembangan karakter, Pemberlakuan kredit point.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan antikorupsi; Akidah Akhlak; Madrasah Aliyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ina Adedya Pramesti
Date Deposited: 01 Apr 2022 00:40
Last Modified: 01 Apr 2022 00:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15613

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics