Pola asuh orang tua dalam membentuk karakter religius anak pada keluarga tukang bangunan di Desa Mranggen Demak

Purnomo, Darus Imanullah Cahyo (2021) Pola asuh orang tua dalam membentuk karakter religius anak pada keluarga tukang bangunan di Desa Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016186_DARUS_IMANULLAH_CAHYO_PURNOMO;] Text (SKRIPSI_1603016186_DARUS_IMANULLAH_CAHYO_PURNOMO;)
SKRIPSI_1603016186_DARUS_IMANULLAH_CAHYO_PURNOMO;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berisi tentang pola asuh orang tua dalam membentuk karakter religius anak pada keluarga tukang bangunan di desa Mranggen Demak. Kemudian memiliki tujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pola asuh orang tua dalam membentuk karakter religius pada anak dan untuk mengetahui wujud karakter religius anak yang orang tuanya berprofesi sebagai tukang bangunan.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu dengan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian studi kasus yang dilakukan secara langsung turun ke lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam mencari sebuah data yang berkaitan dengan judul penelitian yang bersumber secara langsung dari masyarakat ataupun tokoh masyarakat Desa Mranggen. Adapun Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dalam menjelaskan pola asuh orang tua dalam membentuk karakter religius anak pada keluarga tukang bangunan adalah melalui tahapan data reduction, data display, dan conclution drawing/verification.
Adapun kesimpulan dari skripsi ini adalah: Dalam penelitian ini dapat di ketahui bahwa bentuk-bentuk pola asuh orang tua dalam membentuk karakter religius anak pada keluarga tukang bangunan di Desa Mranggen Demak terdapat 2 macam, yaitu pola asuh otoriter dan pola asuh demokratis. Kemudian wujud karakter religius anak dalam keluarga tukang bangunan yaitu rata-rata meliputi: sholat, sekolah, mengaji, berperilaku yang baik, dan patuh terhadap orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan keluarga; Pola asuh; Karakter religius; Orang tua; Anak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ina Adedya Pramesti
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:33
Last Modified: 06 Apr 2022 01:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15626

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics