Pengaruh hasil belajar PAI terhadap perilaku keberagamaan peserta didik di SMP Negeri 2 Kedung Jepara

Syaifurrochman, Muhammad (2020) Pengaruh hasil belajar PAI terhadap perilaku keberagamaan peserta didik di SMP Negeri 2 Kedung Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016175_MUHAMMAD_SAIFURROCHMAN] Text (SKRIPSI_1603016175_MUHAMMAD_SAIFURROCHMAN)
1603016175-MUHAMMAD SAIFURROCHMAN-FULL SKRIPSI - Saifur Rochman.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh hasil belajar PAI terhadap perilaku keberagamaan peserta didik di SMP Negeri 2 Kedung Jepara . Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar PAI di SMP Negeri 2 Kedung. 2) Untuk mengetahui perilaku keberagamaan peserta didik di SMP Negeri 2 Kedung. 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara hasil belajar PAI terhadap perilaku keberagamaan peserta didik di SMP Negeri 2 Kedung.
Penulisan ini merupakan penulisan lapangan (field research), dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling dengan jumlah responden 61 peserta didik. sampel dalam penulisan ini diambil 61 dari jumlah populasi 157 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data dalam penulisan ini yaitu menggunakan instrumen penilaian sebagai data hasil belajar pendidikan agama Islam (X) dan menggunakan instrumen angket untuk mencari data perilaku keberagamaan peserta didik (Y).
Adapun hasil yang diperoleh adalah: 1) Hasil belajar mata pelajaran PAI terhadap perilaku keberagamaan peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 52,03. Hal ini berarti bahwa hasil belajar PAI terhadap perilaku keberagamaan peserta didik dalam kategori “cukup” yaitu berada pada interval 49 - 54. 2) Pada variable Perilaku keberagamaan peserta didik di SMP Negeri 2 Kedung diperoleh rata-rata sebesar 52,83. Hal ini berarti bahwa perilaku keberagamaan peserta didik di SMP Negeri 2 Kedung dalam kategori “cukup” yaitu berada pada interval 49 - 54. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar PAI terhadap perilaku keberagamaan peserta didik di SMP Negeri 2 Kedung. Hal tersebut berdasarkan pada hasil perhitungan dengan menggunakan analisis korelasi product moment dan diperoleh rxy= 0,746 > 0,327 pada taraf signifikansi 5%. Kemudian setelah itu untuk mengetahui signifikan atau tidaknya korelasi tersebut dengan cara mencari thitung dan diperoleh thitung = 14,532> ttabel = 2,003 pada taraf signifikansi 5% dan thitung = 14,532 > ttabel = 2,663 pada taraf signifikansi 1%. Karena thitung > ttabel maka artinya signifikan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam; Perilaku keberagamaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adnin Purnama Sari
Date Deposited: 02 Apr 2022 09:20
Last Modified: 02 Apr 2022 09:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15627

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics