Tinjauan hukum Islam terhadap praktik pembayaran zakat padi : studi kasus di Desa Patrol Lor Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu

Shobih, Muhammad Rifqi (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik pembayaran zakat padi : studi kasus di Desa Patrol Lor Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602036005] Text (SKRIPSI_1602036005)
SKRIPSI_1602036005_Mohammad Rifqi Shobih_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat Desa Patrol Lor Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu sebagian besar penduduknya sebagai petani, Sejak dahulu hingga sekarang masyarakat di desa tersebut masih terdapat kurangnya kesadaran dalam hal membayar zakat padi, padahal Desa Patrol Lor terjadi dua kali panen tanaman padi dalam waktu satu tahun. Hal ini, tentunya masyarakat di desa tersebut berkewajiban mengeluarkan zakat hasil bumi berupa tanaman padi yang telah mencapai nishabnya. Selain itu, sebagian besar masyarakat dalam praktik pembayaran zakat padi dilakukan dengan cara membayar zakat padi akan tetapi pembayaran zakat tersebut menunggu harga padi naik terlebih dahulu, kemudian muzaki membayarkan zakatnya kepada mustahik dan muzaki membagikan zakatnya ke tetangga rumahnya yang dirasa kurang mampu dalam hal ekonomi, jadi muzaki lebih memilih pembayaran zakatnya ke tetangga sekitar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana praktik pembayaran zakat padi di Desa Patrol Lor Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu? 2). Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik pembayaran zakat padi di Desa Patrol Lor Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu?
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis-empiris, dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan sumber data yang didapatkan dari pemerintah desa dan masyarakat yang terlibat. Data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi, analisis data ini menggunakan teknis deskriptif-kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Praktik pembayaran padi di Desa Patrol Lor Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu, sebagian besar masyarakat di desa tersebut masih ada yang tidak melaksanakan kewajiban membayar zakat padi dalam waktu yang sudah ditentukan, kemudian pembayaran zakat padi dilakukan dengan cara membayar zakat padi akan tetapi pembayaran zakat tersebut menunggu harga padi naik terlebih dahulu, kemudian muzaki membayarkan zakatnya kepada mustahik dan muzaki membagikan zakatnya ketetangga rumahnya yang dirasa kurang mampu dalam hal ekonomi. 2). Pembayaran zakat padi yang ada di Desa Patrol Lor menurut tinjauan hukum Islam bahwasannya yang melakukan zakat sesuai dengan kadar nishab hanya dilakukan oleh sebagian petani saja sebagaimana keterangan dari beberapa petani yang dijadikan sample oleh penulis, kebanyakan petani yang ada menyalahi ketentuan syari’at Islam. Kebanyakan petani tidak mengeluarkan zakat, mengeluarkan zakat tetapi tidak mencapai nishabnya atau hanya berdasarkan perkiraan para petani saja, dan hanya mau mengeluarkan zakat aakan tetapi mengeluarkannya ketika harga padi sedang naik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nishab zakat; Tanaman padi; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Abdul Chamid
Date Deposited: 02 Apr 2022 09:16
Last Modified: 02 Apr 2022 09:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15635

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics