Pengaruh keaktifan mengikuti ekstrakurikuler keagamaan terhadap penguatan pendidikan karakter kelas X dan XI SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara

Khusniati, Muthiah (2020) Pengaruh keaktifan mengikuti ekstrakurikuler keagamaan terhadap penguatan pendidikan karakter kelas X dan XI SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016181_MUTHIAH_KHUSNIATI] Text (SKRIPSI_1603016181_MUTHIAH_KHUSNIATI)
SKRIPSI_1603016181_MUTHIAH_KHUSNIATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Pengaruh Keaktifan mengikuti Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) SMA N 1 Pecangaan. Ekstrakurikuler keagamaan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah Kelompok Pelajar Islam (KPI). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan krisisnya moral yang nyata dan menghawatirkan yang sedang terjadi di Negara kita. Penguatan Pendidikan Karakter dalam ekstrakurikuler keagamaan amat penting. Sebab orang-orang yang berkarakter kuat dan baik secara individual dan sosial ialah mereka yang memiliki akhlak, moral, dan budi pekerti yang baik. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimana keaktifan mengikuti ekstrakurikuler keagamaan siswa SMA N 1 Pecangaan, bagaimana penguatan pendidikan karakter siswa yang mengikuti ekstrakurikuler keagamaan SMA N 1 Pecangaan, serta bagaimana pengaruh antara mengikuti ekstrakurikuler keagamaan terhadap penguatan pendidikan karakter siswa SMA N 1 Pecangaan.
Data-data penelitian ini dihimpun dari peserta didik di SMA N 1 Pecangaan sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Jenis pendekatan peneitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif melalui penelitian lapangan (field research).
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan selanjutnya dari hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan di SMA N 1 Pecangaan, peneliti mendapatkan data bahwa keaktifan ekstrakurikuler keagamaan siswa SMA N 1 Pecangaan tergolong “sedang”, hal tersebut dapat diketahui pada hasil nilai mean sebesar 71 atau berada pada interval 66 – 75. Penguatan Pendidikan Karakter siswa SMA N 1 Pecangaan tergolong “sedang”, hal tersebut dapat diketahui pada hasil nilai mean sebesar 98 atau berada pada interval 93 – 103. Analisis uji hipotesis antara Keaktifan mengikuti ekstrakurikuler keagamaan (X) dengan Penguatan Pendidikan Karakter (Y) diperoleh persamaan regresi Y`=31,846+0,933X. Hasil F_hitung sebesar 128,539 lebih besar dari F_tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu F_tabel=3,98. Karena F_hitung>F_tabel maka hasil perhitungan di atas menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan keaktifan mengikuti ekstrakurikuler keagamaan (X) dengan Penguatan Pendidikan Karakter (Y) siswa SMA N 1 Pecangaan. Artinya semakin tinggi keaktifan siswa mengikuti ekstrakurikuler keagamaan, semakin tinggi pula penguatan pendidikan karakter siswa SMA N 1 Pecangaan.
Sedangkan untuk mengetahui seberapa besar kecilnya kontribusi variabel Keaktifan mengikuti Ekstrakurikuler Keagamaan (X) terhadap Penguatan Pendidikan Karakter (Y) siswa SMA N 1 Pecangaan dapat diwakili oleh besarnya koefisien determinasi yang dinotasikan dalam angka R^2 (R Square) adalah sebesar 65,28 yang artinya besar pengaruh Keaktifan mengikuti Ekstrakurikuler Keagamaan (X) terhadap Penguatan Pendidikan Karakter (Y) siswa SMA N 1 Pecangaan adalah 65,28% sisanya sebesar 34,72% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler; Keagamaan; Pendidikan karakter
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfida Indirasari
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:10
Last Modified: 04 Apr 2022 01:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15639

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics