Implementasi metode quantum tahfidz Al-Qur'an di SMA Takhassus Al-Qur'an Wonosobo

Muszayanah, Lulu (2020) Implementasi metode quantum tahfidz Al-Qur'an di SMA Takhassus Al-Qur'an Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016044_LULU MUSZAYANAH] Text (SKRIPSI_1603016044_LULU MUSZAYANAH)
SKRIPSI_1603016044_LULU MUSZAYANAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skrpisi ini membahas tentang Implementasi Metode Quantum Tahfidz Al-Qur’an di SMA Takhassus Al-Qur’an Wonosobo. Sekolah Menengah Atas biasanya mengajarkan banyak materi umum bagi para siswanya. SMA Takhasus Al-Qur’an Wonosobo berbeda dengan Sekolah Menengah Atas yang lain. Hal ini dikarenakan SMA Takhassus Al-Qur’an Wonosobo, merupakan SMA yang besiknya dari pesantren. Otomatis, mempunyai ciri khas yang unik, karena input siswa yang mendaftar disini tidak semata-mata belajar ilmu umum, melainkan orang tua mengharapkan anak-anak yang sekolah disini, sekaligus untuk mengaji. Sehingga sekolah akhirnya membuat suatu program yang intinya memfasilitasi keinginan orang tua untuk memperdalam kajian Al-Qur’an, yaitu dengan membuka program tahfidz. Program tahfidz yang di terapkan di SMA Takhassus Al-Qur’an Wonosobo, menggunakan metode yang disebut metode Quantum Tahfidz Al-Qur’an dengan strategi TIQUI TACA. Hal ini menggugah peneliti dan tertarik untuk mengungkap lebih lanjut bagaimana proses Implementasi Metode Quantum Tahfidz Al-Qur’an di sekolah tersebut.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses imlementasi metode Quantum Tahfidz Al-Qur’an di SMA Takhassus Al-Qur’an Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis deskriptif kualitatif, dimana peneliti membuat deskriptif atau gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat dengan kata-kata mengenai fakta-fakta atau fenomena yang diteliti. Hasil data yang didapatkan berdasarkan teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Kemudian dianalisis dalam bentuk uraian deskriptif.
Dari hasil penelitian diperoleh sebuah informasi bahwa materi yang diajarkan kepada siswa program tahfidz di SMA Takhassus Al-Qur’an Wonosobo yaitu meliputi, ilmu Al-Qur’an dan tahfidz, tahfidz Al-Qur’an, tajwid, adab tahfidz Al-Qur’an, fadhilah tahfidz Al-Qur’an, dan ilmu Qiroat. Selain mendapatkan materi program tahfidz, seluruh siswa yang sudah khatam, diharuskan mengikuti program pasca tahfidz.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Quantum Tahfidz Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ropiana Ropiana
Date Deposited: 01 Apr 2022 00:58
Last Modified: 01 Apr 2022 00:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15652

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics