Pelaksanaan pendidikan Islam kelompok Salafy : studi atas masyarakat Desa Kaliwinasuh, Purwareja Klampok, Banjarnegara

Ashari, Fajar Wisnu (2020) Pelaksanaan pendidikan Islam kelompok Salafy : studi atas masyarakat Desa Kaliwinasuh, Purwareja Klampok, Banjarnegara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016045_FAJAR WISNU ASHARI] Text (SKRIPSI_1603016045_FAJAR WISNU ASHARI)
SKRIPSI_1603016045_FAJAR WISNU ASHARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan Islam adalah sistem pendidikan yang diselenggarakan dengan hasrat dan niat untuk mengejewantahkan ajaran dan nilai nilai Islam dalam kegiatan pendidikannya. UU SISDIKNAS No 20 tahun 2003, dan UU SISDIKNAS No 20 tahun 2003 Pasal 55 mengatur kebebasan, dan teknis pelaksanaan pendidikan keagamaan berbasis masyarakat di Indonesia. Kelompok Salafy merupakan salah satu kelompok Islam dengan mempertahankan konsep pendidikan Islam yang digadangkan merupakan salah satu prototype pendidikan Rasulullah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan realitas yang kompleks tentang Pelaksanaan Pendidikan Islam Kelompok Salafy masyarakat Desa Kaliwinasuh, Purwareja Klampok, Banjarnegara.
Peneliti ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan dengan mengumpulkan data dengan cara wawancara terhadap responden secara purposive. Kemudian melakukan observasi dan dokumentasi pada kegiatan pendidikan Salafy di Desa Kaliwinasuh, Purwareja Klampok, Banjarnegara. Dari data yang diperoleh, peneliti melakukan pengolahan data dengan triangulasi.
Penelitian ini menunjukan hasil terdapat pelaksanaan Pendidikan Islam Kelompok Salafy yang khas. Adapun kekhasan tersebut nampak pada jenis pendidikan yang berkembang seperti Ta’lim dan Daurah, serta berdirinya lembaga pendidikan Ma’had An Najiyah Ibnu Mubarok yang menghadirkan pendidikan Tarbiyatul Aulad (TA), Tarbiyatul Ibtidaiyah (TI) dan Tarbiyatu Mutawasithoh (TM). Tujuannya ialah untuk melakukan edukasi secara umum mengenai Islam yang Kaffah, yang utuh dan menyeluruh, sesuai dengan ajaran Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah. Semua kegiatan pendidikan tersebut dilaksanakan di Kompleks Pendidikan Salafy dan terpusat di Masjid An Najiyah RT 03/04 Desa Kaliwinasuh. Dengan peserta Kelompok Salafy itu sendiri dan masyarakat umum dari berbagai wilayah disekitar Kaliwinasuh. Adapun pendidik adalah para alim, ahli imu yang memang dipersiapkan untuk mengedukasi. Bahkan mendatangkan dari berbagai wilayah untuk menambah khasanah keilmuan. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum sendiri dengan memperbanyak ilmu dinniyah (80%) dan ilmu umum (20%). Materi disampaikan melalui berbagai metode pendidikan seperti ceramah, teladan, berkisah, diskusi, outing class dan lain sebagainya agar materi dapat tersampaikan dengan baik. Penggunaan media berperan penting dalam menyampaikan materi kepada para santri. Perkembangannya, mereka tidak hanya menggunakan media cetak, media online hingga media komunikasi masa, dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Evaluasi menjadi kegiatan untuk menolak ukur pencapaian pendidikan yang telah berlangsung. Adapun proses evaluasi berupa evaluasi internal, ujian, murojaah Al Qur’an, tugas portofolio, bahkan hal kecil berupa penanyaan seputar keistiqomahan beribadah kepada para santri. Sehingga tujuan hadirnya kelompok Salafy dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Salafy; Metode pendidikan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ropiana Ropiana
Date Deposited: 02 Apr 2022 09:03
Last Modified: 02 Apr 2022 09:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15657

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics