Pengembangan media pembelajaran e-learning pada materi prinsip dan praktik ekonomi Islam kelas XI di SMAN 2 Kudus

Yufron, Muhammad (2020) Pengembangan media pembelajaran e-learning pada materi prinsip dan praktik ekonomi Islam kelas XI di SMAN 2 Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016067_MUHAMMAD YUFRON] Text (SKRIPSI_1603016067_MUHAMMAD YUFRON)
SKRIPSI_1603016067_MUHAMMAD YUFRON.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Guna mendukung pembelajaran PAI-BP berbasis SKS di SMAN 2 Kudus, disusunlah UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) pada materi prinsip dan praktik ekonomi Islam dalam bentuk cetak dengan harapan agar siswa dapat mandiri belajar di rumah secara efektif. Namun, media UKBM cetak tersebut masih terbatas teks dan gambar sehingga kurang menarik minat belajar siswa. Serta penilaian dalam UKBM cetak masih dikoreksi secara manual. Akibatnya, proses pembelajaran PAI-BP berbasis UKBM cetak kurang menyenangkan, kurang efektif dan kurang efisien waktu. Alternatifnya dengan melakukan pengembangan media pembelajaran pada UKBM PAI-BP, semula menggunakan media cetak dikembangkan menjadi media e-learning. Sejalan dengan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan: (1) Mengembangkan media pembelajaran e-learning pada materi prinsip dan praktik ekonomi Islam kelas XI di SMAN 2 Kudus yang layak, dan (2) Mengevaluasi keefektifan penggunaan media pembelajaran e-learning pada materi prinsip dan praktik ekonomi Islam kelas XI di SMAN 2 Kudus terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Kudus pada tahun pelajaran 2019/2020 dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) Borg dan Gall. Adapun teknik yang digunakan untuk memperoleh data atau informasi yaitu : observasi, wawancara, tes hasil belajar, angket dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik : (1) Kualitatif deskriptif pada tahap studi pendahuluan, pengembangan dan revisi produk, (2) Kuantitatif deskriptif pada hasil uji lapangan awal dan lapangan utama, serta (3) Kuantitatif jenis true experimental design posttest-only control design yang hasilnya dianalisis dengan uji-t sampel independen pada tahap uji lapangan operasional.
Langkah-langkah pengembangan media pembelajaran e-learning yaitu: (1) Membangun sistem e-learning system menggunakan LMS LearnPress, (2) Menyusun isi e-learning berupa UKBM materi prinsip dan praktik ekonomi Islam, dan (3) Menyediakan peralatan pendukung e-learning. Hasil pengembangan berupa website dengan domain : elearningpai.my.id yang didesain dan diprogram untuk digunakan sebagai media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran PAI-BP yang berisi UKBM materi prinsip dan praktik ekonomi Islam untuk kelas XI di SMAN 2 Kudus.
Produk media tersebut mendapat skor kelayakan oleh ahli materi sebesar 93%, ahli media sebesar 81%, dan siswa uji lapangan awal sebesar 87%. Kemudian pada tahap uji lapangan utama mendapat skor kelayakan sebesar 88%. Sementara, keefektifan media tersebut terhadap hasil belajar siswa diuji menggunakan uji-t sampel independen dengan hasil nilai thitung = 2,192 lebih besar dari ttabel(0,05;24) = 2,064 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan H0 ditolak yang artinya ada perbedaan signifikan antar kedua rata-rata kelompok. Perbedaan rata-rata tersebut dikarenakan rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol dengan besar sumbangan proporsi varian hasil belajar kelas eksperimen ke proporsi varian kelas kontrol sebesar 9%. Perbandingan tersebut menunjukkan bahwa UKBM dengan media e-learning lebih efektif dibanding UKBM cetak. Berdasar uraian hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa media pembelajaran e-learning pada materi prinsip dan praktik ekonomi Islam kelas XI di SMAN 2 Kudus sangat layak, efektif meningkatkan hasil belajar siswa, dan lebih efektif dibanding UKBM cetak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; E-Learning; Ekonomi Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ropiana Ropiana
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:25
Last Modified: 06 Apr 2022 01:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15664

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics