Pengaruh efikasi diri dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VIII MTs Al Falah Margoyoso Kalimanyatan Jepara

Nikmah, Khanifatun Wilda (2020) Pengaruh efikasi diri dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VIII MTs Al Falah Margoyoso Kalimanyatan Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016080_WILDA_KHANIFATUN_NIKMAH] Text (SKRIPSI_1603016080_WILDA_KHANIFATUN_NIKMAH)
SKRIPSI_1603016080_WILDA_KHANIFATUN_NIKMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII MTs Al Falah Margoyoso Kalinyamatan Jepara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik nalisis regresi berganda. Dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan data sampel berjumlah 50 responden kelas VIII. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik yaitu angket dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini diperoleh korelasi sebesar 0,725 dengan signifikansi variabel efikasi diri siswa terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII MTs Al Falah Margoyoso Kalinyamatan Jepara sebesar 5,972 dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Menyatakan bahwa terdapat pengaruh langsung antara variabel efikasi diri siswa (X1) terhadap variabel hasil belajar Fiqih (Y). Hasil signifikan variabel kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII MTs Al Falah Margoyoso Kalinyamatan Jepara sebesar 6,062 dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Menyatakan terdapat pengaruh langsung antara variabel kedisiplinan belajar siswa (X2) tergadap variabel hasil belajar Fiqih (Y).
Sedangkan secara simultan signifikansi efikasi diri siswa dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII MTs Al Falah Margoyoso Kalinyamatan Jepara sebesar 26,041 nilai ini lebih besar dari Ftabel ( 26,041 >3,195) menyatakan terdapat pengaruh langsung secara simultan antara efikasi diri siswa (X1) dan kedisiplinan belajar siwa (X2) terhadap hasil belajar Fiqih (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efkasi diri; Kedisiplinan belajar; Hasil belajar; Fiqih
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dely Tresia Putri
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:08
Last Modified: 07 Apr 2022 06:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15667

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics