Efektivitas metode pembelajaran think, pair, and share terhadap hasil belajar kognitif iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk gaib lainnya pada siswa kelas VII MTs Puteri Sunniyyah Selo tahun ajaran 2019/2020

Kholila, Haq Arinal (2020) Efektivitas metode pembelajaran think, pair, and share terhadap hasil belajar kognitif iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk gaib lainnya pada siswa kelas VII MTs Puteri Sunniyyah Selo tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016121_ARINAL_HAQ_KHOLILA] Text (SKRIPSI_1603016121_ARINAL_HAQ_KHOLILA)
SKRIPSI_1603016121_ARINAL_HAQ_KHOLILA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran think, pair, and share terhadap hasil belajar kognitif iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk gaib lainnya pada siswa kelas VII MTs Puteri Sunniyyah Selo tahun ajaran 2019/2020, dengan indikator efektivitas hasil belajar kognitif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk true experiment design yaitu eksperimen yang berbentuk posttest only control design. Pada bentuk ini terdapat dua kelompok. Pertama, kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Kedua, kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberi pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share. Populasi penelitian ini adalah seluruh VII MTs Puteri Sunniyyah Selo yang terbagi menjadi 7 kelas dengan jumlah peserta didik 255. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling, di peroleh kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan diperoleh t_hitung = 2,330, pada taraf signifikansi α = 5% dan dk = 38+37-2 = 73 didapat t_tabel = 1,993. Karena t_hitung ˃ t_tabel, maka hipotesis diterima artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol atau rata-rata hasil perbedaan kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair and Share terhadap hasil belajar peserta didik efektif digunakan yaitu ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif siswa materi iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk gaib lainnya pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Think pair and share; Hasil belajar kognitif; Iman kepada malaikat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dely Tresia Putri
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:19
Last Modified: 07 Apr 2022 06:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15694

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics