Tinjauan hukum Islam terhadap tambahan harga pembiayaan paylater pada aplikasi Shopee

Dewi Masithoh, Siti (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap tambahan harga pembiayaan paylater pada aplikasi Shopee. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602036016_SITI_DEWI_MASITHOH] Text (SKRIPSI_1602036016_SITI_DEWI_MASITHOH)
SKRIPSI_1602036016_SITI_DEWI_MASITHOH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan teknologi di era milenial memunculkan model-model bisnis yang menyebabkan masyarakat Muslim saat ini kurang memperhatikan konsep transaksi jual beli yang disyariatkan Islam. Dengan demikian, dikhawatirkan mereka akan terjebak pada transaksi yang mengandung unsur ribȃ, maisir, dan gharȃr. Transaksi jual beli yang menarik perhatian di kalangan masyarakat saat ini adalah jual beli yang meyediakan layanan berbasis teknologi, misalnya electronic commerce aplikasi Shopee. Marketplace Shopee menawarkan fitur pembiayaan PayLater untuk transaksi jual beli online dengan sistem kredit. Selain memudahkan pengguna dalam bertransaksi, sistem kredit tersebut menimbulkan perbedaan harga ketika dibayar cash dan kredit. Dalam hal ini ketika memilih metode pembayaran secara kredit maka terdapat tambahan harga yang melebihi harga pokok. Sedangkan permasalahan tambahan harga pada suatu transaksi masih menjadi polemik perdebatan di kalangan ulama. Oleh karena itu, perlu ditinjau lebih dalam terkait bagaimana pelaksanaan praktek pembiayaan PayLater pada aplikasi Shopee menurut tinjauan hukum Islam. Berdasarkan alasan tersebut, tujuan penelitian ini antara lain: (1) Untuk mengetahui implementasi praktek pembiayaan PayLater pada aplikasi Shopee. (2) Untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap tambahan harga pembiayaan PayLater pada aplikasi Shopee.
Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk meneliti dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana implementasi praktik pembiayaan PayLater pada aplikasi Shopee? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap tambahan harga pembiayaan PayLater pada aplikasi Shopee.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif-empiris sekaligus menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data yang diperlukan, penulis melakukan analisis permasalahan menggunakan alur reduksi data, menyajikan data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan melalui bukti-bukti yang mendukung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) praktek pembiayaan PayLater pada aplikasi Shopee bisa dilakukan melalui beberapa alur atau proses dengan cara pengguna harus mendaftarkan terlebih dahulu kepada penyedia layanan (pihak Shopee) melalui pengisian seluruh data yang tercantum pada syarat dan ketentuan agar nantinya dapat menikmati fasilitas layanan (berbelanja dengan metode pembayaran ShopeePayLater). (2) Menurut hukum Islam, tambahan harga pembiayaan PayLater pada aplikasi Shopee menimbulkan perbedaan di kalangan ulama. Pertama, transaksi tersebut diharamkan karena tambahan harga yang melebihi harga pokok termasuk kategori riba (riba qardh). Kedua, diperbolehkan karena tambahan harga adalah sebagai bentuk kompensasi (upah) atas sistem penundaan pembayaran. Ketiga, pendapat yang menganggap transaksi tersebut adalah perkara syubhat yang harus dihindari karena terdapat ketidakjelasan hukum di dalamnya. Akan tetapi jumhur ulama memperbolehkan tambahan harga atas jual beli dengan sistem PayLater karena sebagai ujrah atau upah atas fasilitas yang diberikan Pihak Shopee kepada penggunanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tambahan harga; PayLater; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Saidah Marifah Mz
Date Deposited: 01 Apr 2022 01:23
Last Modified: 01 Apr 2022 01:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15700

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics