Pendidikan karakter kemandirian anak di Panti Asuhan Iskandariyah Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang

Miftahudin, Muhammad (2020) Pendidikan karakter kemandirian anak di Panti Asuhan Iskandariyah Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016051_MUHAMMAD MIFTAHUDIN] Text (SKRIPSI_1603016051_MUHAMMAD MIFTAHUDIN)
SKRIPSI_1603016051_Muhamad_Miftahudin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas pendidikan karakter kemandirian anak di Panti Asuhan Iskandariyah, Kelurahan Wates, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) apa sajakah bentuk-bentuk pendidikan karakter kemandirian anak di Panti Asuhan Iskandariyah? (2) Bagaimanakah metode pendidikan karakter kemandirian anak di Panti Asuhan Iskandariyah? (3) apa sajakah problematika penyelenggaraan pendidikan karakter kemandirian anak di Panti Asuhan Iskandariyah?. Pada penelitian ini, jenis penelitian kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti memperoleh hasil bahwa pendidikan karakter kemandirian anak di Panti Asuhan Iskandariyah Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan Kota semarang sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari upaya pengasuh dan ustaz dalam memberikan pemahaman kepada setiap anak mengenai pentingnya pendidikan karakter kemandirian, membiasakan anak-anak untuk mandiri melalui kegiatan –kegiatan yang sudah dilaksanakan serta memberikan keteladanan mulai dari berbicara, berperilaku dan berbagai aktivitas untuk menunjang proses pendidikan karakter kemandirian anak. Kemudian pengasuh dan ustaz menggunakan metode Pemahaman, Pembiasaan, dan Keteladanan untuk pendidikan karakter kemandirian anak di panti Asuhan Iskandariyah. Adapun Problematika yang dihadapi panti dalam penyelenggaraan pendidikan karakter kemandirian anak yaitu, pengurus, sarana dan prasarana, dana, guru dan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Kemandirian; Anak; Panti asuhan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulida Qurrotu'ain
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:52
Last Modified: 04 Apr 2022 01:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15703

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics