Pendidikan Islam dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata

Nathohirin, M. Toyibi (2021) Pendidikan Islam dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016009_M_TOYIBI_NATHOHIRIN] Text (SKRIPSI_1603016009_M_TOYIBI_NATHOHIRIN)
SKRIPSI_1603016109_M_TOYIBI_NATHOHIRIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Guru Aini merupakan sebuah pemahaman yang arahnya kepada sinergi unity of science. Secara tekstual konten novel tidak mengarah pada Pendidikan Islam dan jarang ditemui nilai Pendidikan Islam di dalamnya. Tetapi setelah ditelusuri novel tersebut ternyata sejalan dengan makna dan nilai Pendidikan Islam.
Fokus dalam penelitian ini mengarah pada pertanyaan: Bagaimana relevansi pendidikan yang ada dalam novel Guru Aini pada Pendidikan Islam?, dan Bagaimana nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Guru Aini? Melalui metode analisis konten dan menerapkan prinsip pendidikan Islam yang holistik, pertanyaan tersebut menjadi landasan untuk menemukan jawaban yang tepat sebagai hasil dari penelitian.
Relevansi pendidikan ialah keterkaitan setiap komponen pendidikan antara satu dan lainnya. Dalam hal ini juga kerterkaitan antara pendidikan pada umumnya dengan Pendidikan Islam. Dalam menjawab pertanyaan yang pertama ini, fokus penelitian tertuju pada perilaku belajar salah satu tokoh yang perberan aktif dalam alur cerita novel.
Nilai pendidikan Islam dalam novel Guru Aini mengacu pada teori yang mengatakan bahwa pendidikan Islam sebagai pembentukan kepribadian muslim, hakikat pendidikan Islam untuk mengembangkan potensi manusia seutuhnya, dan tujuan pendidikan Islam menjadikan pribadi muslim menuju insan kamil, maka nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Guru Aini sebagaimana teori itu katakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan dalam novel Guru Aini relevan dengan Pendidikan Islam, dan nilai Pendidikan Islam yang terdapat di dalamnya merupakan nilai Pendidikan Islam yang nilai yang utuh, yang berfungsi memaksimalkan potensi manusia menuju insan kamil. Dengan demikian, maka hasil penelitian berfungi menambah kekayaan khasanah Pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Novel; Guru Aini; Andre Hirata
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lia Safitri
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:31
Last Modified: 04 Apr 2022 01:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15704

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics