Problematika pembelajaran agama Islam di Panti Asuhan Darul Hadlonah YKMNU Jambearum, Patebon, Kendal

Nadhuf, A. Iwanun (2020) Problematika pembelajaran agama Islam di Panti Asuhan Darul Hadlonah YKMNU Jambearum, Patebon, Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016062_IWANUN_NADHIF] Text (SKRIPSI_1603016062_IWANUN_NADHIF)
SKRIPSI_1603016062_A. IWANUN_ NADHIF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana problematika pembelajaran agama Islam yang terjadi di panti asuhan Darul Hadlonah YKMNU Jambearum, Patebon, Kendal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan naturalistik, pendekatan ini memandang kenyataan sebagai suatu berdimensi jamak, utuh dan merupakan suatu kesatuan. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran agama Islam yang terjadi di panti asuhan Darul Hadlonah meliputi problem yang berasal dari anak asuh dan problem yang berasal dari luar anak asuh. Problem yang berasal dari anak asuh diantaranya yaitu sifat dan karakter dari setiap anak asuh yang berbeda-
beda, perbedaan individual inilah yang menyebabkan perbedaan tingkah laku belajar dikalangan anak asuh. Kemudian minat serta motivasi anak asuh dalam proses pembelajaran agama Islam di panti asuhan. Sedangkan problem yang berasal dari luar anak asuh terdapat berbagai macam permasalahan yang kompleks. Seperti pengaruh lingkungan sekitar anak asuh, latar belakang keluarga yang tidak sesuai dengan harapan anak asuh dan metode pembelajaran yang digunakan terkadang kurang tepat dengan kondisi anak asuh serta fasilitas sarana prasarana yang masih kurang dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran agama Islam di panti asuhan Darul Hadlonah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Agama Islam; Panti asuhan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulida Qurrotu'ain
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:33
Last Modified: 04 Apr 2022 01:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15707

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics