Hubungan antara prestasi belajar fiqih materi ketentuan salat dengan keaktifan salat lima waktu siswa di MTs Al Mina Bandungan Semarang

Sahada, Vega Aulia (2020) Hubungan antara prestasi belajar fiqih materi ketentuan salat dengan keaktifan salat lima waktu siswa di MTs Al Mina Bandungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016103_VEGA_AULIA_SAHADA] Text (SKRIPSI_1603016103_VEGA_AULIA_SAHADA)
SKRIPSI_1603016103_VEGA_AULIA_SAHADA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian membahas tentang hubungan antara prestasi belajar Fiqih materi ketentuan salat dengan keaktifan ibadah salat lima waktu siswa di MTs Al mina Bandungan Semarang. Pembahasan ini dilatarbelakangi oleh masih ada siswa yang belum lengkap menjalankan ibadah salat lima waktu setiap harinya dengan berbagai alasan. Karena bila dilihat dari kenyataan sehari-hari, sebagian siswa ada kalanya masih tampak bermalas-malasan dan masih menunggu perintah atau bahkan teguran dari guru untuk segera beranjak menuju masjid sekolah. Padahal kegiatan salat menjadi kegiatan mereka setiap hari. Untuk itu siswa-siswa di Madrasah wajib mempelajari terutama pada mata pelajaran Fiqih materi ketentuan salat dan mampu mengimplementasikan dalam praktik ibadah salat sehari-hari secara sempurna. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Adakah hubungan antara prestasi belajar Fiqih materi ketentuan salat dengan keaktifan salat lima waktu siswa MTs Al Mina Bandungan Semarang?

penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi-kausalitas, variabel yang digunakan yaitu variabel independen dan variabel dependen. Dalam mengambil data penelitian ini menggunakan data sampel berjumlah 53 responden kelas VII. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik yaitu angket dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini diperoleh korelasi sebesar 0,725, sehingga nilai r hitung berkisar pada interval 0,000-0,199. Maka antara prestasi belajar Fiqih materi ketentuan salat dengan keaktifan ibadah salat lima waktu siswa terdapat korelasi yaitu kuat. Prestasi belajar Fiqih memberikan kontribusi sebesar 0,526 atau 52,6 % dalam memengaruhi keaktifan ibadah salat lima waktu siswa di MTs Al mina Bandungan Semarang. Oleh karena itu, hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan peneliti diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Fiqih; Keaktifan; Salat lima waktu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lia Safitri
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:26
Last Modified: 06 Apr 2022 01:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15708

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics