Model pendidikan karakter siswa berbasis pondok pesantren di Asrama Putri Darul Adzkiya' Gembong Pati

Shohih, Ilham (2020) Model pendidikan karakter siswa berbasis pondok pesantren di Asrama Putri Darul Adzkiya' Gembong Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016101_ILHAM_SHOHIH] Text (SKRIPSI_1603016101_ILHAM_SHOHIH)
SKRIPSI_1603016101_ILHAM_SHOHIH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah proses penanaman nilai-nilai, baik yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan serta tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai yang telah diajarkan. Sebagai upaya mewujudkan implementasi pendidikan karakter di sekolah, dibutuhkan sebuah model yang akan menjadi acuan atau pola dalam membentuk konsep yang akan digunakan untuk mendidikkan karakter tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menemukan Model pendidikan karakter berbasis pondok pesantren di Asrama Putri Darul Adzkiya’ Pati.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari mengumpulkan data (data collection), mereduksi data (data reduction), menyajikan data (data display), dan menyimpulkan (conclussion).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pendidikan yang diselenggarakan di Asrama Putri Darul Adzkiya’ Pati menggunakan metode melalui sistem pemondokan dengan pengawasan 24 jam melalui 5 metode, yaitu: Pembiasaan dengan mengikuti kegiatan pondok, Pemberian teladan oleh Kyai/guru, Pembinaan dengan penegakkan disiplin, pemberian reward and punishment, pembelajaran berdasarkan praktek dan pengalaman (2) Adapun nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui model pendidikan karakter ini antara lain: karakter religius, kemandirian, disiplin, gemar membaca, bersahabat dan komunikatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pendidikan ; Pendidikan karakter; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lia Safitri
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:34
Last Modified: 04 Apr 2022 01:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15709

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics