Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Hujan karya Tere Liye

Hidayat, Rizki Septiawan (2020) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Hujan karya Tere Liye. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016096_RIZKI_SEPTIAWAN_HIDAYAT] Text (SKRIPSI_1603016096_RIZKI_SEPTIAWAN_HIDAYAT)
SKRIPSI_1603016096_RIZKI_SEPTIAWAN_HIDAYAT.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (927kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat diambil dari novel Hujan karya Tere Liye. Penelitian ini dilandasi dengan terjadinya musibah pandemi virus korona/ covid 19. Semenjak virus ini ditemukan, virus ini menyebar dengan sangat cepat dan sudah menewaskan jutaan korban jiwa dari seluruh penjuru dunia. Banyak langkah-langkah yang diambil oleh setiap negara dalam menyikapi musibah ini dengan keputusan-keputusan yang diambil untuk menangani wabah virus ini. Dalam novel Hujan karya Tere Liye juga memiliki latar belakang cerita tentang musibah yang menimpa seluruh dunia, dan menewaskan umat manusia hingga tersisa 10% penduduk dibumi. Sehingga kita dapat belajar menyikapi musibah dengan menganalisis isi dari Novel Hujan ini. Untuk itu, peneliti menyusun rumusan masalah yang nantinya akan dijawab dalam penelitian ini. Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Hujan karya Tere Liye sehingga dapat ditanamkan kepada para peserta didik. Permasalahan ini akan dibahas dengan metode penelitian kepustakaan (library research). metode ini memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya. dan menganalisis isi yang ada didalam novel Hujan karya Tere Liye.
Adapun kesimpulan dari penelitian yang sudah dilakukan adalah Sikap-sikap itu mencerminkan nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan pada para peserta didik adalah: adalah sebagai berikut: pertama, dari karakter ini seseorang akan mendpatkan keprcayaan dari orang lain. kedua, orang yang memiliki karakter ini akan mejadi orang yang adil dan bijaksana. Ketiga, Karakter ini akan membiasakan seseorang dalam memcahkan masalah yang dihadapinya. Keempat, disiplin. Karakter ini adalah ciri orang yang akan sukses. Kelima, Kerja keras, Karakter ini akan melatih kegigihan seseorang dan membuatnya tak mengenal putus asa. Keenam, Mandiri, Karakter ini akan menimbulkan sifat percaya diri. Ketujuh, Peduli sosial Karakter ini akan memmbuatnya dikelilingi orang yang sayang kepadanya dan siap embantu bila ia dalam kesukaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Media pembelajaran; Menghadapi musibah; Novel; Tere Liye
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lia Safitri
Date Deposited: 31 Mar 2022 13:26
Last Modified: 31 Mar 2022 13:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15711

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics