Evektivitas model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar fikih materi makanan dan minuman halal maupun haram di MTs N Rembang tahun pelajaran 2019/2020

Alhayyu, Akiviana Ridho (2020) Evektivitas model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar fikih materi makanan dan minuman halal maupun haram di MTs N Rembang tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016086_ALIFIANA RIDHO ALHAYYU] Text (SKRIPSI_1603016086_ALIFIANA RIDHO ALHAYYU)
1603016086_Alifiana Ridho Alhayyu_Full Skripsi - Alifiana alhayyu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe talking stick efektif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fikih materi makanan dan minuman halal maupun haram di MTs N 5 Rembang tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif eksperimen dan bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah True Experimental Design dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 41 siswa dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang berjumlah 43 siswa. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran talking stick sedangkan kelas kontrol menggunakan motode pembelajaran konvensional (ceramah).
Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis uji t-test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil tes yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen yaitu 85,49 sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol 80,47. Berdasarkan hasil uji t-test diperoleh thitung = 2,239 dan ttabel = 1,989 dengan taraf signifikansi sebesar 5%, jika > maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya pembelajaran kooperatif tipe talking stick lebih efektif dibandingkan dengan metode pombelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fikih materi makanan dan minuman halal maupun haram di MTs N 5 Rembang tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif; Talking stick; Hasil belajar; Fikih; Makanan dan minuman
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Nadia Maida Amalia Amalia
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:25
Last Modified: 07 Apr 2022 06:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15714

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics