Pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang

Octavia, Itta Cahya (2020) Pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016076_ITTA CAHYA OCTAVIA.pdf] Text
SKRIPSI_1603016076_ITTA CAHYA OCTAVIA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan toleransi beragama yang ada di SMP Negeri 32 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan fokus penelitian yang akan dikaji adalah: (1) bagaimana implementasi pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang; (2) apa saja problematika yang menghambat pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian. Perencanaan dilakukan melalui kurikulum yang terfokus pada materi pelajaran dan RPP. Pelaksanaannya yaitu dengan tidak membeda-bedakan siswa, menghargai perbedaan dan saling menghormati antar sesama, tolong-menolong dan hidup berdampingan, memberikan kesempatan beribadah sesuai agama masing-masing, serta menumbuhkan sikap saling kerjasama. Sedangkan pada tahap pengevaluasian dilakukan melalui penilaian guru terhadap sikap siswa, kemudian ditindaklajuti dengan adanya koordinasi rutin oleh para guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Toleransi beragama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annisa Rizki Safitri
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:41
Last Modified: 04 Apr 2022 01:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15715

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics