Rancang bangun aplikasi Android hisab gerhana (bulan dan matahari) dengan metode kitab al-Durru al-Aniq

Rahmawati, naili (2021) Rancang bangun aplikasi Android hisab gerhana (bulan dan matahari) dengan metode kitab al-Durru al-Aniq. Undergraduate (S1) thesis, Universutas Negri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602046002_NAILI RAHMAWATI] Text (SKRIPSI_1602046002_NAILI RAHMAWATI)
1602046002_NAILI RAHMAWATI_FULL SKRIPSI - Naili Rahma(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Di tengah perkembangan teknologi yang kian pesat dan cangih, Ilmu Falak yang antara lain mengkaji tentang gerhana tidak hanya dari segi astronomis tapi juga dari segi fiqih, harus mampu beradaptasi dalam perkembangan tersebut. Telah banyak aplikasi prediksi gerhana yang beredar di dunia digital ini namun belum ada yang menyajikan fiqih gerhana di dalamnnya. Peneliti bermaksud untuk mengembangkan sebuah aplikasi prediksi gerhana yang memuat fiqih gerhana mengacu pada kitab al-Durru al-Anîq.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perancangan aplikasi android hisab gerhana Bulan dan Matahari dengan metode hisab kitab al-Durru al-Anîq dan mengetahui hasil uji fungsionalitas dan uji verifikasi aplikasi tersebut.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan metode penelitian kualitataif. Langkah-lagkah dalam penelitian ini mencakup tahap perencanaan (planning), perancangan (design), dan evaluasi (evaluation). Sumber data utama diperoleh dari kitab al-Durru al-Anîq, dan sumber sekunder lainnya, kemudian dianalisis secara deskriptif komparatif dan dilakukan uji fungsional-verifikatif.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan penting. Pertama, aplikasi hisab gerhana dengan metode perhitungan kitab al-Durru al-Aniq dengan nama ECNOS (Eclipse on Our Screen) berhasil dirancang dan dikembangkan sedemikian rupa menggunakan bahasa pemrograman Java pada perangkat lunak Android Studio. Kedua, aplikasi ECNOS dapat dijalankan pada smartphone dengan versi android di atas 6 serta hasil prediksi gerhana aplikasi ECNOS dikomparasikan dengan prediksi gerhana oleh NASA menunjukkan hasil yang presisi. Akan tetapi, ECNOS masih memiliki keterbatasan dalam penyajian data dan informasi sehingga masih perlu dikembangkan lagi. Dengan demikian, aplikasi ECNOS dapat dijadikan media untuk memperediksi gerhana Bulan dan Matahari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gerhana; ECNOS; Ilmu Falak; Aplikasi Android; Hisab; Al-Durru al-Aniq
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 523 Specific celestial bodies and phenomena
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Nadia Maida Amalia Amalia
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:39
Last Modified: 04 Apr 2022 01:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15718

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics