Pengembangan website penentu arah kiblat berbasis segitiga

Hanafi, Fikri Haikal Nurul (2020) Pengembangan website penentu arah kiblat berbasis segitiga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602046020_FIKRI HAIKAL NURUL HANAFI.pdf] Text
SKRIPSI_1602046020_FIKRI HAIKAL NURUL HANAFI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Terdapat berbagai kelemahan penentuan arah kiblat yang selama ini digunakan seperti keterhalangan posisi benda langit oleh cuaca ataupun benda lain, lalu magnet kompas yang sering terganggu orientasi arahnya oleh kondisi lingkungan. Selain dari segi metode, pengukuran dengan alat yang standar hanya bisa dilakukan oleh para ahli falak ataupun yang telah dilatih menukur arah kiblat, padahal mengetahui arah kiblat merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam. Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut, dikembangkan Website Penentu Arah Kiblat Berbasis Segitiga. Pada penelitian ini dikembangkan suatu sistem berbentuk website yang dapat menentukan kiblat dengan garis geodesi dan bangun datar segitiga yang diterapkan pada suatu peta digital. Penelitiaan kualitatif ini menggunakan pendekatan matematis dan teknologi informasi. penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengembangan dan akurasi website penentu arah kiblat berbasis segitiga. Sebagai pembanding akurasi, dilakukan analisis pengukuran terhadap hasil pengukuran arah kiblat oleh kemenag. Berdasarkan pengujian yang dilakukan terhadap 6 lokasi data uji, website berhasil menghitung arah kiblat dan membuat segitiga untuk pengukuran di lapangan. Dibandingkan dengan perhitungan oleh petugas kemenag, terdapat selisih antara 0° 7’ 38.2” sampai dengan 0° 7’ 38.75” dikarenakan perbedaan dalam algoritma pengukuran. Petugas kemenag menggunakan triginometri bola sedangkan website menggunakan teori geodesi (rumus vincenty invers). Untuk pengukuran, terdapat perbedaan berkisar antara 0° 17’ 11.33” sampai dengan 1° 46’ 19.58”, nilai kemelencengan pengukuran kurang dari 2 derajat masih dapat ditolerir. Website penentu arah kiblat berbasis segitiga dapat diakses pada smartphone ataupun komputer yang tersambung dengan jaringan internet. Dengan demikian Website Penentu Arah Kiblat berbasis Segitiga bisa digunakan untuk mengukur arah kiblat dengan cukup akurat, mudah digunakan dan terjangkau yang dapat dijadikan alternatif teodolit ataupun tongkat istiwa’.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah Kiblat; Website; Segitiga; Sistem Informasi Geografis; Vincenty; Citra Satelit
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 004 Computer science
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Annisa Rizki Safitri
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:43
Last Modified: 04 Apr 2022 01:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15719

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics