Uji akurasi hisab awal waktu salat dalam aplikasi kalkulator HP Prime for Mobile

Haq, Muhamad Adib Abdul (2021) Uji akurasi hisab awal waktu salat dalam aplikasi kalkulator HP Prime for Mobile. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602046029_MUHAMAD ADIB ABDUL HAQ] Text (SKRIPSI_1602046029_MUHAMAD ADIB ABDUL HAQ)
SKRIPSI_1602046029_MUHAMAD ADIB ABDUL HAQ.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi membuat pegiat ilmu falak pada khususnya merumuskan awal waktu salat dengan alat hitung yang canggih. Kemajuan ini menjadikan penggunaan awal waktu salat dapat lebih praktis dan instan dengan berbasis mobile phone. Inovasi baru karya Ali Mustofa ini menampilkan aplikasi kalkulator Hp Prime for Mobile berdasarkan metode Tsimârul Murîd yang tergolong sebagai metode hisab haqiqi tahqiqi kontemporer serta dikemas dalam software berbentuk android. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi kalkulator Hp Prime for Mobile hampir sama dengan kalkulator manual ataupun excel, sehingga lebih mudah untuk difahami. Rumus pada program aplikasi kalkulator Hp Prime for Mobile lebih mudah digunakan karena dapat ditulis dalam bentuk ms.word, ms.excel, atau notepad kemudian hasilnya di copy paste ke aplikasi kalkulator Hp Prime for Mobile.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui algoritma hisab awal waktu salat dalam aplikasi kalkulator Hp Prime for Mobile serta untuk mengetahui bagaimana tingkat keakurasian hisab awal waktu salat dalam aplikasi kalkulator Hp Prime for Mobile.
Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) yang termasuk dalam jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif evaluatif, yaitu penulis berupaya mengungkap dan memahami hisab awal waktu salat dalam aplikasi kalkulator Hp Prime for Mobile.
Berdasarkan hasil analisis algoritma hisab awal waktu salat dalam aplikasi kalkulator Hp Prime for Mobile adalah data deklinasi dan data equation of time diambil dari kitab Tsimârul Murîd karya Ali Mustofa. Sebagai pembanding akurasi dilakukan perhitungan dengan ephemeris. Hasilnya data deklinasi memiliki selisih antara 00° 00’ 00,50” sampai 00° 19’ 56,60” dan equation of time berkisar pada detik dengan rata-rata selisih 00ʲ 00ᵐ 00,65ˢ. Waktu Ihtiyat disamaratakan sebesar dua menit kecuali untuk waktu Duhur ditambah tiga menit dan untuk waktu terbit dikurangi sebesar dua menit. Pada data ketinggian tempat Ali Mustofa memberikan kebebasan bagi pengguna untuk pengambilan datanya. Hasil perbandingan hisab awal waktu salat aplikasi kalkulator Hp Prime for Mobile dengan ephemeris terdapat selisih satu sampai dua menit di Kota Semarang. Dengan demikian, aplikasi kalkulator Hp Prime for Mobile dapat digunakan sebagai penentu awal waktu salat termasuk akurat dan mudah digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hisab; Awal waktu salat; Aplikasi Kalkulator; HP Prime for Mobile; Ephemeris
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 522 Techniques, equipment, materials
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Nadiyatul Muna
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:50
Last Modified: 04 Apr 2022 01:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15724

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics