Pemberdayaan kelompok tani Budi Santoso oleh penyuluh pertanian lapangan (PPL) Desa Ngemplak Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak

Mukharor, Rijal (2020) Pemberdayaan kelompok tani Budi Santoso oleh penyuluh pertanian lapangan (PPL) Desa Ngemplak Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_ 131411034_RIJAL_MUKHAROR] Text (SKRIPSI_ 131411034_RIJAL_MUKHAROR)
SKRIPSI_ 131411034_RIJAL_MUKHAROR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pemberdayaan merupakan suatu usaha atau upaya yang dilakukan individu dengan bantuan orang lain untuk lebih memperdayakan potensi yang dimiliki baik berupa kompetensi, wewenang, dan tanggung jawab dalam rangka meningkatkan kinerja dalam usaha. Salah satu sasaran pemberdayaan adalah bidang pertanian. pemberdayaan pertanian merupakan bagian dari pembangunan nasional karena mayoritas masyarakat Indonesia bermataoencaharian sebagai petani. Pemberdayaan tersebut memerlukan agen pemberdaya yang dalam hal ini pemerintah menunjuk penyuluh pertanian. Penelitian ini berjudul Pemberdayaan Kelompok Tani Budi Santoso oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Desa Ngemplak Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui Proses Pemberdayaan Kelompok Tani Budi Santoso oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kec. Mranggen Kab Demak. 2). Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembedayaan Kelompok Tani Budi Santoso. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anggota Kelompok Tani Budi Santoso dan petugas Penyuluh Pertanian Lapangan Kecamatan Mranggen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif model interaktif yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan Kelompok Tani Budi Santoso oleh penyuluh pertanian lapangan (PPL) telah berjalan dengan semestinya. Proses pemberdayaan Kelompok Tani Budi Santoso dilakukan dengan pendekatan penguatan. Penguatan dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan petani dalam usaha taninya. Penguatan dalam usaha pemberdayaan ini dilakukan melalui beberapa tahap yang meliputi: Penyuluhan, Pelatihan, Diskusi, dan Praktik lapangan. Adapun faktor penghambat pemberdayaan Kelompok Tani Budi Santoso yaitu: 1. Kurangnya keterampilan dan pengetahuan petani, 2. Kebiasaan dan kultur pertanian. Adapun faktor pendukung keberhasilan pemberdayaan Kelompok Tani Budi Santoso yaitu: 1. Kesadaran anggota kelompok akan pentingnya pemberdayaan, 2. Kerelaan hati anggota kelompok dalam membuka diri sehingga dapat menerima saran dan masukan dari penyuluh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Kelompok tani; Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nadiyatul Muna
Date Deposited: 08 Apr 2022 07:20
Last Modified: 08 Apr 2022 07:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15726

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics